SOLOPOS.COM - Pemain timnas sepak bola wanita U-19 Indonesia Ayunda Dwi Anggraini menggiring bola saat laga melawan Timor Leste di Piala AFF U-19 2023, beberapa waktu lalu. (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLO–Ayunda Dwi Anggraini adalah salah satu pemain timnas sepak bola wanita U-19 Indonesia yang bisa jadi belum banyak dikenal di kalangan para pencinta bola.

Dia berhasil menunjukkan permainan yang apik pada laga debutnya saat melawan Timor Leste pada babak penyisihan Grup A AFF U-19 Women’s Championship atau Piala AFF Wanita 2023 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu (5/7/2023).

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Dia mampu membawa kemenangan perdana bagi Indonesia dengan skor telak 7-0 pada laga itu. Ayunda pun sukses menyumbang dua gol. Dalam debut manisnya di timmas wanita U-19 itu dia mencetak gol pada menit ke- 66 dan 90.

Ayunda kini berusia 17 tahun. Dia berasal dari Dukun, Gresik, Jawa Timur. Saat ini dia masih berstatus pelajar yang bersekolah di SMAN 1 Sedayu.

Di timnas U-19 wanita, Ayunda ditempatkan di posisi gelandang atau sayap meski dia suka menjadi striker. Remaja berhijab itu menyukai olahraga sepak bola karena saat masih kecil sering ikut bermain bal-balan bersama anak laki-laki di kampungnya.

“Lalu saat SMP diajak ke Gresik, main di klub, terus akhirnya main di Piala Pertiwi bersama Persebaya. Ikut di Kebumen juga,” kata Ayunda dikutip dari laman resmi PSSI, pssi.org, Jumat (7/7/2023).

Dia juga pernah bermain di sekolah sepak bola (SSB) Porosda di Gresik. Kemudian dia mencoba menembus timnas dengan mengirim video permainan sepak bolanya. Beruntung, kemampuannya yang mumpuni membuat PSSI memanggilnya.

Bermain di skuad Garuda Pertiwi Muda, Ayunda menjadi satu-satunya pemain yang memakai jilbab. Dia sempat merasa kesulitan dalam bergaul dengan rekan-rekan lainnya sesama pemain sepak bola wanita.

“Pernah dipengaruhi dan dicemooh oleh teman. Mereka bilang eh, jangan pakai hijab dong. Namun itu sama sekali tak menggoyahkan iman dan niat awal saya berhijab. Karena bagi saya hijab itu penting sebagai perempuan muslim. Tapi akhirnya lama kelamaan itu tidak lagi menjadi masalah,” ulas Ayunda.

Dia sangat senang menjadi bagian dari timnas sepak bola wanita U-19 Indonesia dan turut berjuang mencapai hasil terbaik di Piala AFF U-19 2023.

Dia seperti tak percaya bisa mengemas dua gol dalam laga perdana, beberapa waktu lalu, saat melawan Timor Leste.

“Saya tak menyangka sih sebenarnya. Ini juga menjadi debut saya di timnas. Yang jelas saya sangat senang sekali. Saya bisa menunjukkan ke orang tua saya kalau saya akan menjadi pesepakbola wanita yang baik,” katanya.

Dia berharap skuadnya bisa menembus babak final dan meraih gelar juara pada ajang Piala AFF U-19 kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya