SOLOPOS.COM - Lev Yashin (Bleacherreport)

Solopos.com, SOLO – Penghargaan kiper terbaik selalu ada setiap tahunnya. Namun, siapakah kiper terbaik sepanjang masa?

Sejak turnamen sepak bola digulirkan, muncul banyak kiper yang mumpuni. Bahkan di era-era ini, muncul kiper dengan kemampuan lebih yang tak cuma jago menepis bola. Melainkan mampu memberikan umpan dengan akurasi yang baik atau kemampuan dalam memotong bola di luar kotak penalti.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Baca Juga: Catat Lur! Ini Jadwal Pertandingan Sepak Bola Dini Hari Nanti

Kepiawaian para kiper di era saat ini itu tak mampu menghilangkan ketenaran sosok Lev Yashin. Kiper yang populer di era 1960-an itu dianggap menjadi kiper tebaik sepanjang masa. Beragam rekor mampu dicatatkan kiper berjuluk Black Spider tersebut.

Lev Yashin merupakan kiper berkebangsaan Uni Soviet. Dia menghabiskan seluruh kariernya bersama satu klub, yaitu Dynamo Moscow. Dikutip dari Bleacherreport.com, salah satu rekornya yang masih melekat adalah mampu menyelamatkan gawangnya dari tendangan penalti sebanyak 150 kali.

Jumlah itu belum bisa disamai oleh kiper mana pun hingga sekarang. Yashin juga mencatatkan 250 clean sheet dari total 800 pertandingan yang ia jalani selama kariernya.

Baca Juga: Perayaan Juara Selesai, Persis Solo Fokus Pembentukan Tim

Selain itu, Lev Yashin juga pernah menerima penghargaan Ballon d’Or. Dia pun menjadi satu-satunya kiper yang mampu meraih penghargaan untuk pemain sepak bola terbaik di dunia itu.

Lev Yashin pada akhirnya pensiun pada 1973 silam. Dia kemudian direkrut untuk masuk ke dalam manajemen Dynamo Moscow. Lev Yashin kemudian meninggal dunia pada 1990 silam saat berusia 60 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya