SOLOPOS.COM - Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membukukan rekor baru dengan menjuarai turnamen berkategori BWF Super 1000 untuk pertama kalinya lewat ajang Malaysia Open 2023 di Kuala Lumpur, Minggu. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Solopos.com, SOLO—Para pebulu tangkis nomor satu dunia termasuk ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keluar sebagai juara Malaysia Open 2023 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (15/1/2023).

Membuka pertandingan di lapangan 1, pasangan ganda campuran China Zhang Si Wei/Huang Ya Qiong memerlukan 44 menit untuk mengalahkan unggulan ketiga asal Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 21-16, 21-10. Ini sekaligus menegaskan dominasi mereka dengan 12 kemenangan dari 15 pertemuan terakhir dengan sang lawan.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

China menambah gelar kedua dari sektor ganda putri ketika peringkat satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan menang dua game langsung atas pasangan Korea Selatan Baek Ha Na/Lee Yu Lim dalam waktu 52 menit. Kemenangan ini sekaligus menjadi revans atas kekalahan pada semifinal Japan Open 2022 lalu.

Jepang merebut satu titel lewat penampilan tunggal putri Akane Yamaguchi setelah bermain rubber game selama 1 jam 9 menit melawan unggulan kedua asal Korsel An Se Young.

Kalah di game pertama 12-21, Yamaguchi memaksa laga berlanjut ke game ketiga setelah bermain ketat 21-19 sebelum membungkus kemenangan lewat penampilan dominan dengan keunggulan 10 angka dari An di game penentuan.

Namun, Negeri Sakura harus merelakan titel tunggal putra jatuh ke tangan pebulu tangkis nomor satu dunia Viktor Axelsen asal Denmark, yang mengalahkan Kodai Naraoka dengan skor 21-6, 21-15.

Kemudian duet ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mempersembahkan satu titel untuk Indonesia berkat kemenangan tiga game melawan pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 21-18, 18-21, 21-13, demikian laman BWF.

Itu merupakan kali pertama bagi Fajar/Rian memenangi turnamen Super 1000 dalam karier mereka.

“Senang, alhamdulillah di awal tahun 2023 ini bisa mendapat gelar juara pertama di Super 1000. Sangat bersyukur, semoga ke depan bisa lebih baik,” kata Fajar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya