SOLOPOS.COM - internet

London– John Terry dicopot dari jabatannya sebagai kapten tim nasional Inggris setelah bertemu dengan pelatih Fabio Capello, Jumat.

Bek Chelsea itu harus membayar atas pengungkapan rahasia pribadinya yang buruk dan bek Manchester United, Rio Ferdinand, kini tampaknya akan memimpin tim Inggris di Piala dunia tahun ini di Afrika Selatan.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

“Setelah berfikir secara mendalam, saya mengambil keputusan bahwa yang terbaik bagi saya adalah mlepaskan jabatan kapten dari John Terry,” kata Capello, yang dikenal sebagai orang yang disiplin, dalam sebuah pernyataan.

“Sebagai seorang kapten, John Terry telah menunjukkan sikap yang sangat positif. Tetapi, saya harus melakukan pertimbangan lainnya dan yang terbaik bagi semua di skuad Inggris.

Yang terbaik bagi semua di tim Inggris  telah mengilhami pilihan saya. John terry diberitahu telebih dahulu.”

Keputusan tersebut sehubungan dengan tuduhan di media Inggris bahwa Terry mempunyai “affair” perkawinan istimewa dengan mantan teman wanita rekan satu timnya di tim nasional Inggris, Wayne Bridge, yang juga rekan satu klub di Chelsea sebelum tahun lalu bergabung dengan Manchester City.

“Saya menghormati sepenuhnya keputusan Capello,” kata Terry dalam sebuah pernyataan. “Saya akan terus memberikan segalanya bagi Inggris,” katanya.

Terry (29) diangkat jadi kapten tim nsional Inggris oleh mantan pelatih Inggris, Steve McClaren tahun 2006 dan mantan pelatih Real Madrid dan AC Milan, Capello memilih mmpertahankan peranannya setelah ia menjadi pelatih Inggris tahun 2008.

Terry dipandang banyak orang sebagai kapten Inggris yang sempurna dengan semangat “bulldog” alami yang dikombinasikan dengan kualitas bertahan yang hebat.

Dalam 15 pertandingan dimana ia menjadi kapten tim di bawah Capello, Inggris menang 11 kali dan dua kali imbang, lolos secara mulus ke putaran final Piala Dunia tahun ini di Afrika Selatan dan menjadi Inggris sebagai salah satu tim favorit untuk menjurai Piala dunia itu.

Ferdinand akan menggantikan Terry sebagai kapten Timnas Inggris. Ia selama ini menjadi wakil Terry, dengan Steven Gerrard menjadi orang nomor tiga.

“Pada saat saya memilih John Terry sebagai kapten, saya juga memilih seorang wakil kapten dan juga menunjuk orang nomor tiga. Tidak ada alasan untuk mengubah keputusan ini,” kata Capello.

Capello mejelaskan bahwa keputusan untuk mencopot Terry sebagai kapten adalah keputusannya sendiri.

“Saya akan mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada FA, khususnya Lord David Triesman dan Ian Watmore, karena mengizinkan saya untk mengambil keputusan ini pada waktu yang saya tetapkan sendiri dan demi kepentingan terbaik tim,” kata Capello.

Pertandingan berikutnya Inggris adalah pertandingan persahabatan dengan juara Piala Afrika, Mesir, di Stadion Wembley pada 3 Maret.

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya