SOLOPOS.COM - Para pembalap MotoGP sedang menjajal sirkuit Sepang pada musim lalu. Ist/foxsports.com

Tes pramusim MotoGP akan segera dimulai di sirkuit Sepang, Malaysia.

Solopos.com, SEPANG— Para pembalap MotoGP akan memulai kesibukannya dengan menjalani tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, mulai Rabu (4/2/2015). Tak hanya sebagai lahan uji coba alias pemanasan jelang seri pertama GP Qatar, Maret nanti, tes ini sekaligus menjadi ajang pamer motor teranyar.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Sebanyak 24 pembalap resmi MotoGP ambil bagian dalam tes ini. Hanya satu rider, yakni Yonny Hernandez, yang absen karena cedera. Pembalap Pramac Ducati terpaksa menepi sementara waktu lantaran mengalami dislokasi bahu saat beraksi di Supermoto Training, bulan lalu. Tempatnya pun bakal digantikan pembalap tes Ducati, Michele Pirro.

Tes ini akan berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat (4-7/2). Akan tetapi, pada Sabtu (8/2), tes para pembalap kelas premier ini berkesempatan untuk menjajal ban anyar Michelin yang bakal menggantikan peran Bridgestone di musim 2016 mendatang.

Sebenarnya tak hanya para pembalap peserta yang hadir, rider tes masing-masing tim pun diperbolehkan ikut serta. Antara lain, Hiroshi Aoyama (Honda), Colin Edwards (Yamaha), dan Katsuaki Nakasuga (Yamaha Factory).

Sementara itu, ini merupakan tes pertama di awal musim bagi Suzuki yang comeback ke MotoGP sejak 2011 lalu. Di atas kuda besinya, GSX-RR, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales akan mencoba menaklukkan panasnya aspal di Sepang.

“Ini memang hanya tes lain bagi kami, tapi saat ini jelas berbeda karena ini semacam persiapan balapan yang sebenarnya,” ungkap manajer Suzuki, Davide Brivio, dilansir crash.net, Senin (2/2).

Di tes postseason lalu Aleix yang merupakan pembalap terbaik kelas terbuka mencatatkan waktu tercepat ke-14 di Valencia. Sedangkan Vinales yang berstatus sebagai rookie terjebak di peringkat ke-17. Tiba di Sepang, tim pabrikan Jepang ini bertekad memperbaiki rapornya.

Sementara itu, Scott Redding juga akan mengawali perjuangannya dengan berseragam Marc VDS yang merupakan tim pendatang baru di MotoGP. Runner up Moto2 2013 tersebut memilih meninggalkan Gresini dengan bergabung bersama mantan timnya tersebut demi bisa mendapatkan motor pabrikan Honda, RC213V.

“Tujuan tes pertama ini adalah bisa senyaman mungkin berkendara dengan motor baru. Kami butuh waktu untuk memahami motor ini dengan bagaimana set up-nya. Dengan demikian, kami mengerti masalahnya,” jelasnya. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Para pembalap MotoGP sedang menjajal sirkuit Sepang pada musim lalu. Ist/foxsports.com

Para pembalap MotoGP sedang menjajal sirkuit Sepang pada musim lalu. Ist/foxsports.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya