SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tes pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia, Rabu (4/1/2015), menjadi penampilan menawan Marc Marquez.

Solopos.com, SEPANG—Juara dunia MotoGP 2014, Marc Marquez, menjadi pembalap tercepat di hari pertama tes pramusim MotoGP yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu. Hasil ini menjadi pertanda sekaligus awal bagus bagi Honda yang sukses menjuarai kelas balap premier musim lalu.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Spaniard itu melesat paling cepat dengan membukukan waktu 2 menit 00,262 detik. Cacatan waktu terbaik ini ditorehkan pembalap 21 tahun tersebut di lap ke-62 setelah ia merampungkan 63 lap.

Bahkan, waktunya ini lebih cepat 0,024 detik dari hasil tes hari pertama musim lalu. Sayangnya, start apik pembalap yang dikenal dengan julukan Baby Alien ini tak diikuti rekannya, Dani Pedrosa, yang selisih 0,483 detik darinya dan terpaksa puas di urutan kelima.

Dilansir MotoGP, Honda tak mau main-main dalam uji coba perdana musim ini. Buktinya, tim raksasa Jepang ini menurunkan berbagai motor pabrikan baik itu bermesin 2014 atau prototipe 2015 untuk mengetahui hasil pengembangan produknya.

Total 30 rider ambil bagian dalam tes pramusim ini. Sebanyak 24 di antaranya adalah pembalap resmi MotoGP, sementara sisanya merupakan pembalap tes. Hanya pembalap Pramac Racing, Yonny Hernandez, yang absen lantaran mengalami cedera.

“Saya berlatih keras bulan lalu untuk mempersiapkan diri pada tes ini. Saya senang kembali bersama tim dan melihat motor baru kami di sana,” tutur Marquez saat peluncuran motor baru di Bali, akhir pekan lalu.

Sementara itu, duo Yamaha memenuhi posisi tiga besar. Juara dunia tujuh kali, Valentino Rossi, berada di urutan tercepat kedua dengan waktu 2 menit 00,380 detik. Sedangkan rekannya, Jorge Lorenzo berada di tempat ketiga dengan selisih 0,141 detik dari The Doctor, julukan Rossi.

Kedua jagoan Yamaha ini menunggangi prototipe YZR-M1 yang sama seperti yang digunakan dalam tes postseason lalu di Valencia. Kali ini skuat Jepang ini menjajal pipa knalpot pendek dengan maksud menghindari terjadinya percikan api dan masuknya kerikil.

“Hasrat untuk memulai tantangan baru begitu besar. Terlebih setelah kami memeroleh hasil positif di musim 2014,” papar Rossi, dilansir crash.net.

Tak hanya tim pabrikan Yamaha yang mengukir hasil bagus di Sepang, tim satelit mereka, Tech 3, lewat Pol Espargaro menempati urutan tercepat keenam. Meski sempat crash, pembalap Spanyol ini mampu mempertahankan posisinya. Akan tetapi, rekannya, Bradley Smith, harus puas di peringkat kesembilan.

Hasil mengecewakan diraih LCR Honda. Cal Crutchlow dan pembalap debutan, Jack Miller, masih harus berpikir keras untuk keluar dari peringkat ke-10 dan ke-19 di hari berikutnya. Suzuki juga mesti menyiapkan strategi anyar lantaran Aleix Espargaro dan Maverick Vinales terjebak di urutan ke-14 dan ke-21. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Test pramusim MotoGP di Sepang menunjukkan Marc Marquez masih menawan. Ist/indystar.com

Test pramusim MotoGP di Sepang menunjukkan Marc Marquez masih menawan. Ist/indystar.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya