SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kedua dari kanan), beserta para pemain dan staf pelatih menyapa suporter seusai pertandingan melawan Kamboja dalam penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SOLOShin Tae-yong tetap dipercaya melatih Timnas Indonesia dengan gaji fantastis setidaknya sampai kontraknya berakhir pada Desember 2023. Shin Tae-yong dikontrak selama empat tahun sejak 28 Desember 2019.

Masa depan Shin Tae-yong sebelumnya dipertanyakan setelah gagal membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2022. Tim Garuda hanya mampu melaju sampai semifinal. Dua tahun sebelumnya, Shin Tae-yong nyaris membawa gelar untuk kali pertama bagi Indonesia setelah tampil di final.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Lantas berapa gaji Shin Tae-yong? Awalnya tidak banyak yang tahu sebelum Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pelatih asal Korea Selatan itu mendapat gaji senilai Rp1,1 miliar per bulan. Gaji itu diterima Shin Tae-yong yang melatih tim senior, tim U-19 dan U-23.

Mochamad Iriawan yang baru saja digantikan Erick Thohir mengungkap gaji Shin Tae-yong tersebut saat menjadi narasumber di podcast Close The Door di YouTube Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu.

“Besar ya, Rp2 miliar kurang lebih per bulan. Di luar apartemen, di luar kendaraan, dan lain sebagainya. Tapi, kan bukan, dia tim. Ada enam pelatih lainnya,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

“Dia [Shin Tae-yong] mungkin Rp1,1 miliar, ya ada harga ada barang lah,” tegasnya.

Sebelum menerima tawaran menjadi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan mendapat tawaran dengan gaji menarik dari klub di China.

Tapi, menurut Iwan Bule, ada trik khusus yang kemudian membuat Shin Tae-yong lebih memilih Timnas Indonesia. Iwan Bule mendekati Shin Tae-yong secara personal dan menganggapnya sebagai bagian dari keluarga.

“Kamu [Shin Tae-yong] adik saya. Umurnya kan tidak terlalu jauh dengan saya. Dia 52 tahun dan saya 59. Kita keluarga besar di PSSI. Saya menerapkan seperti keluarga sama dia. Sehingga ada perasaan tidak enak jika dia mau keluar,” katanya.

Dengan gaji fantastis, prestasi Shin Tae-yong sejak menangani Merah Putih adalah membawa timnas senior lolos ke Piala Asia 2023 dan tim U-20 melaju ke Piala Asia U-20 2023. Kemudian, dia berhasil mendongkrak peringkat FIFA Timnas Indonesia dari 179 ke 151.

Kini Shin Tae-yong sedang mendampingi tim U-20 Indonesia di ajang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Ajang tersebut digelar 1-18 Maret 2023 dan Indonesia tergabung dengan Irak, Suriah dan tuan rumah Uzbekistan.

Selanjutnya Shin Tae-yong menghadapi Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya