SOLOPOS.COM - Thailand melaju ke final Piala AFF U-16 setelah menekuk Vietnam 2-1 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024). (Solopos.com/Gigih W)

Solopos.com, SOLO — Thailand melaju ke babak final Piala AFF U-16 2024 setelah menumbangkan Vietnam dengan skor 2-1 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024).

Gol dari Thailand U-17 dicetak oleh  Phuriphan Phothong di menit ke-52 dan Chaiwat Ngainma di menit ke-93 sedangkan Vietnam membalas melalui eksekusi penalti Dau Hong Phong di menit ke-52

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Pertandingan berjalan dengan tempo lambat di babak pertama.

Thailand U-16 dan Vietnam U-16 lebih banyak memainkan bola di daerah pertahanan sendiri sembari memancing pemain lawan keluar.

Permainan lambat ini membuat babak pertama minim peluang.

Thailand U-16 lebih mendominasi di 45 menit babak pertama, serangan dari Natthakit Phosiri dan Poramet Laoongdi beberapa kali merepotkan penjaga gawang Vietnam U-16, Nguyen Van Thang Long.

Tetapi, sang penjaga gawang masih terlalu tangguh untuk bisa dijebol.

Chaiwat Ngoenma mencatatkan peluang emas memasuki menit ke-42 melalui sepakan jarak jauh yang masih bisa ditepis Nguyen Van Thang Long.

Tiga menit berselang, ganti Natthakit Phosri yang membahayakan gawang Vietnam U-16 melalui sepakan jarak dekat yang masih melebar.

Skor tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Vietnam U-16 memberikan kejutan dengan memberikan serangan cepat.

Hasilnya, The Golden Star mendapatkan penalti setelah Supawit Phasom dianggap melanggar Nguyen Hong Quang di kotak penalti. Keputusan tersebut diambil wasit Du Jian Xin setelah mengecek video assistant referee (VAR).

Dau Hong Phong yang maju sebagai eksekutor dengan tenang menaklukkan Supakorn Poonphol di menit ke-52 sekaligus mengubah skor menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Thailand U-16 tetap bermain tenang dan tidak terburu-buru. Tim asuhan Jadet Meelarp ini tetap tidak terpancing dengan permainan agresif Vietnam U-16.

Hanya butuh 10 menit, Thailand U-16 berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Phuriphan Phothong dari luar kotak penalti.

Bola yang melambung tidak bisa diantisipasi oleh Nguyen Van Thang Long sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, Thailand U-16 makin garang.

Dua sepakan jarak dekat masing-masing dari Jompon Homboonma dan Natthakit Phosri harus susah payah dihentikan Nguyen Van Thang di bawah mistar gawang.

Gol akhirnya hadir bagi Thailand U-16 di injury time babak kedua. Akselerasi Poramet Laoongdi memberikan celah bagi Siwakorn Ponsandi sisi kiri pertahanan Vietnam.

Siwakorn kemudian memberikan bola kepada Chaiwat Ngainma yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Tertinggal satu gol, Vietnam U-16 melakukan segalanya untuk mencari gol penyama tapi skor 1-2 menjadi hasil akhir dari pertandingan ini.

Susunan pemain

Vietnam U-16 (4-4-2)

Nguten Van Thang Long; Le Tan Dung, Nguyen Hong Quang, Le Hyu Viet Anh, Tran Cao Cuong; Nguyen Thai Hieu, Nguyen Thai Hoa, Dau Hong Phong,  Nguten Viet Long; Nguyen Van Bach, Tran Gia Bao



Pelatih: Tran Minh Chien

Thailand U-16 (4-3-3)

Supakorn Poonphol; Kanapoth Inthasing, Supawit Phasom, Phurinat Poolkamlang, Phurinat Phothong; Poramet Laoongdi, Danuphon Buppha, Sorakrit Kaewsri; Chaiwat Ngoenma, Jompon Homboonma, Natthakit Phosri

Pelatih: Jadet Meelarp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya