SOLOPOS.COM - Forward Sritex Dragons Pertamina Solo, Maharani Adhipuspitasari, kembali masuk dalam skuat timnas bola basket putri yang diproyeksikan tampil pada SEA Games 2013 Myanmar. Selain Maharani, Marjorice Fedora (guard) dan Catryn Clorissa (guard) dari Sritex Dragons juga dipanggil menjalani Seleknas. dokJIBI/SOLOPOS

Forward Sritex Dragons Pertamina Solo, Maharani Adhipuspitasari (kiri), kembali masuk dalam skuat timnas bola basket putri yang diproyeksikan tampil pada SEA Games 2013 Myanmar. Selain Maharani, Marjorice Fedora (guard) dan Catryn Clorissa (guard) dari Sritex Dragons juga dipanggil menjalani Seleknas. JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha

SOLO –Tiga pemain terbaik binaan Sritex Dragon Pertamina Solo berpeluang menghuni skuat basket putri Timnas Indonesia yang diproyeksikan tampil pada SEA Games 2013 di Myanmar. Ketiga pemain itu, yakni Marjorice Fedora (guard), Maharani Adhipuspitasari (forward) dan Catryn Clorissa (forward).

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) secara resmi telah me-launching Timnas Merah-Putih yang diproyeksikan tampil di ajang SEA Games 2013 dan 2015 di Solo, Sabtu (16/3) siang. Untuk sementara, di kelompok putra terpilih 16 pemain di bawah asuhan pelatih kepala, Tjetjep Firmansyah.

Sedangkan, jumlah pemain yang dipanggil di kelompok putri mencapai 22 pemain. Srikandi Indonesia itu di bawah komando Raoul Miguel Hadinoto.

Pemain basket yang diproyeksikan membela timnas sebagian besar berlaga di NBL dan WNBL. Di kelompok putra, klub Satria Muda Britama menjadi penyumbang pemain terbanyak bagi timnas, yakni empat pemain. Melihat materi pemain yang ada, persaingan sengit akan terjadi di posisi guard (delapan pemain) dan forward (lima pemain).

Sedangkan, klub penyumbang terbanyak di kelompok putri, yakni Sahabat Semarang (lima pemain) dan Surabaya Emdee Fever (lima pemain). Persaingan di kelompok putri akan berlangsung sengit di semua posisi guard (10 pemain), forward (delapan pemain) dan center (empat pemain).

Dalam waktu dekat, jajaran pelatih bakal mengerucutkan jumlah pemain di masing-masing kelompok menjadi 12 pemain. Sehingga, akan ada 10 pemain di kelompok putra yang dicoret pelatih selama menjalani Seleknas. Di kelompok putri, dua pemain terpaksa dicoret guna memenuhi kuota tim di SEA Games 2013.

Seluruh pemain yang dipanggil Perbasi wajib memperlihatkan performa brilian selama mengikuti seleksi. Selain telah menyusun program latihan bertahap, jajaran pelatih juga akan memantau performa pemain melalui ajang uji coba di tingkat internasional, seperti piala invitasi di Korea Juni mendatang dan FIBA Asia di Bangkok Oktober mendatang. Sebagaimana diketahui, timnas bola basket menuai hasil mengecewakan saat SEA Games 2011 di Jakarta, baik putra dan putri. Hal itu menjadi pelajaran berharga guna menatap SEA Games ke depan.

“Kami ingin, timnas ini tak hanya untuk 2013. Tapi, juga untuk tahun 2015 [SEA Games di Singapura]. Kami berharap, baik di kelompok putra dan putri dapat pulang membawa medali saat SEA Games nanti. Terutama, di tim putri yang sudah lama tertidur. Semoga, SEA Games mendatang menjadi awal kebangkitan yang baik,” kata Ketum PP Perbasi, Anggito Abimanyu, saat jumpa pers di Solo, Sabtu.

Sesuai rencana, Pelatnas bola basket dilangsungkan di Jakarta. Menjelang SEA Games 2013, timnas juga melakukan berbagai try in, termasuk melawan klub-klub lokal di Tanah Air.

“Tak menutup kemungkinan, uji coba akan dilangsungkan di Solo atau daerah lainnya nantinya,” kata Anggito.

Pelatih Sritex Dragon Pertamina Solo, Wempi Wiyanto, berharap tiga anak didiknya dapat bersaing memperebutkan tempat di timnas. Ketiga pemain yang dipanggil timnas termasuk pemain andalan Sritex dalam mengarungi kompetisi WNBL.

“Memang, tiga pemain ini sering masuk ke timnas. Saya, sangat percaya dengan kemampuan mereka. Saya menilai, kemampuan mereka juga terus menanjak,” ujar Wempi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya