SOLOPOS.COM - Tampilan livery dan warna baru motor balap dari tim CryptoDATA RNF untuk MotoGP 2023. (MotoGP, CryptoDATA RNF)

Solopos.com, JAKARTA–Komite Seleksi MotoGP yang terdiri atas anggota FIM, IRTA, dan Dorna Sports memutuskan tidak memperpanjang kontrak dengan tim balap CryptoDATA RNF Aprilia pada musim mendatang.

Dikutip dari keterangan resmi, Selasa (28/11/2023), alasan dicoretnya tim satelit Aprilia itu adalah adanya pelanggaran berulang yang dilakukan oleh CryptoDATA yang merupakan sponsor utama tim tersebut.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Pelanggaran berulang dan pelanggaran kesepakatan partisipasi yang memengaruhi citra publik MotoGP mengharuskan keputusan ini dilakukan,” kata MotoGP dikutip dari Antara.

Masih belum jelas bagaimana detail masalah antara CryptoDATA dan Dorna Sports.

Namun, ada kabar yang menyangkut-pautkan masalah ini dengan Razlan Razali yang sebelumnya mengundurkan diri sebagai Tim Prinsipal RNF Aprilia, beberapa pekan lalu.

Razali dikabarkan merasa ditipu oleh CryptoDATA yang awalnya datang sebagai sponsor dan mitra utama tim RNF, tetapi justru dengan mengakuisisi sebagian besar saham tim.

“Ini merupakan perjalanan yang luar biasa. Kesempatan sekali seumur hidup untuk mengelola dan memiliki Tim MotoGP di Kejuaraan Dunia. Kami tahu bagaimana rasanya menang dan kalah. Bekerja dengan anggota tim paling menakjubkan dari seluruh dunia,” kata Razali beberapa waktu lalu saat ia memutuskan untuk mundur.

Komite Seleksi MotoGP akan meninjau permohonan untuk tim independen baru yang menggunakan mesin Aprilia, untuk bergabung dengan grid kelas balap MotoGP pada 2024.

“Informasi lebih lanjut mengenai masalah ini akan menyusul pada waktunya,” imbuh MotoGP.

Sementara itu, dua pembalap RNF Aprilia sebelumnya yaitu Miguel Oliveira dan Raul Fernandez masih ada di daftar nama pembalap untuk musim mendatang, dengan nama tim yang ditulis Tim Independen Aprilia Racing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya