SOLOPOS.COM - Kagendra, tim esports yang merupakan bagian dari ekosistem Dunia Games Telkomsel, akan berangkat mewakili Indonesia pada gelaran di Call of Duty Mobile (CODM) World Championship 2023 di Atlanta, Amerika Serikat. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Kagendra, tim esports yang merupakan bagian dari ekosistem Dunia Games Telkomsel, akan berangkat mewakili Indonesia pada gelaran Call of Duty Mobile (CODM) World Championship 2023 Stage 5 di games expo DreamHack 2023 Atlanta, Amerika Serikat, pada 15-17 Desember 2023.

Langkah tersebut diwujudkan oleh Kagendra dengan menjadi juara Grup B pada gelaran South East Asia Garena Regional Qualifier, di mana Kagendra berhasil mengungguli Smart Omega dan WPM Lowkings dari Filipina. Prestasi Kagendra menjadi bagian dari bukti nyata komitmen semangat Telkomsel dalam mendorong perkembangan talenta digital di industri esports nasional yang berkelanjutan di kancah global.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan Telkomsel mengedepankan peran sebagai digital society enabler yang memiliki semangat menggerakkan kemajuan masyarakat dalam ekosistem digital nasional. Telkomsel terus membuka peluang pengembangan ekosistem esports Indonesia melalui Dunia Games dan tim esports Kagendra. Dengan berbagai persiapan dan langkah strategis yang telah ditentukan di awal tahun ini, para talenta terbaik di Kagendra telah menunjukkan kegigihan, dedikasi, dan kerja keras sebagai tim esports yang terampil dan tangguh, sehingga konsisten meraih capaian terbaik di Call of Duty Major Series. “Ke depan, Telkomsel melalui Dunia Games dan tim Kagendra akan terus mengoptimalkan potensi talenta esports nasional dan mendorong perkembangan industri secara inklusif dan berkelanjutan dengan upaya meraih prestasi yang positif, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata dia.

Kagendra sendiri sebelumnya melaju ke gelaran CODM South East Asia Garena Regional Qualifier dengan gelar juara bertahan pada turnamen tingkat nasional CODM Major Series Season 9. Sukses melalui fase kualifikasi dan memenangkan babak Playoff serta Knockout, pada gelaran Grand Final Season 9 yang berlangsung pada tanggal 10 September 2023, tim Kagendra yang terdiri dari Zen, Mecyx, Reef, Clove, Frann, dan Zeze, berhasil mengungguli ABC Esports dengan skor 4-0. Dengan demikian, Kagendra mengukir sejarah baru dalam dunia esports dengan 5 kali menduduki peringkat pertama CODM Major Series, yakni pada Season 3, 4, 7, 8, dan 9.

Nirwan menjelaskan, Dunia Games Telkomsel melalui Kagendra terus berfokus dalam menemukan, merekrut, dan memberdayakan talenta esports tanah air untuk menjadi atlet profesional yang dapat berdampak dalam memajukan industri esports Indonesia. Kagendra sebelumnya bernama DG Esports, dan menjadi tim unggulan di dunia esports dengan 5 divisi games-nya, yakni Arena of Valor, PUBG Mobile, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Mobile Legends: Bang-Bang.

Kagendra telah menjadi rumah bagi 30 atlet esports Indonesia, seperti salah satunya Muhammad Fikri Alief Pratama (dikenal juga sebagai KAGE.Reeva), pemain Timnas Rajawali yang berhasil menyabet medali perak pada ajang SEA Games Vietnam 2021 dalam cabang olahraga esports Free Fire. Informasi lebih lengkap tentang tim Kagendra dapat diakses melalui laman kagendra.id dan media sosial @kagendra.id.

Sejak kehadirannya pada 2017, Dunia Games Telkomsel telah secara konsisten menggelar turnamen-turnamen bergengsi seperti Indonesia Games Championship, Dunia Games League, DGWIB Championship, DGWIB Regular Season, dan turnamen-turnamen tingkat grassroot yang diadakan di lebih dari 120 cluster di seluruh Indonesia. Dunia Games juga menghadirkan festival games terbesar Indonesia, yakni DG Con 2022, yang mewadahi para pelaku ekosistem gaming dan esports untuk dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, saling terhubung, meningkatkan kapabilitas, serta memperkuat pemberdayaan dan kemajuan industri.

Hingga semester 1 2023, Dunia Games telah bekerja sama dengan para game publishers dan developers terkemuka di industri dan mencatatkan lebih dari 18 juta monthly active users. “Melalui ekosistem layanan Dunia Games, Telkomsel akan terus mengambil peran terdepan dan berkolaborasi dengan para stakeholder terutama pelaku industri untuk menjadi penggerak dan pendukung utama bagi pengembangan industri gaming dan esports tanah air. Dengan beragam upaya dan inisiatif untuk mendorong kemajuan ekosistem gaya hidup digital, Telkomsel juga berharap dapat terus berkontribusi secara berkelanjutan dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa mendatang,” tutup Nirwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya