SOLOPOS.COM - Pemain timnas Brasil David Luiz menjadi kontroversial karena masuk dalam skuad terbaik dunia. Ist/daylimail.co.uk

Tim terbaik dunia yang diumumkan berbarengan dengan acara Ballon d’Or mengundang kontroversi terkait dengan masuknya David Luiz.

Solopos.com, ZURICH— Jerman mendominasi pemain yang masuk FIFPro World XI 2014. Tiga pemain berpaspor Jerman, Manuel Neuer, Toni Kroos, dan Philipp Lahm masuk ke skuat tim impian setelah mengantarkan Der panzer merebut Piala Dunia 2014.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Neuer, Kroos, dan Lahm merupakan pemain kunci ketika Jerman memastikan sebagai kampiun di Brasil, Juni-Juli lalu. Daratan Bavaria menjadi negara yang paling banyak mengirimkan delegasi ke FIFPro World XI.

Sementara Spanyol, Brasil, dan Argentina, masing-masing mengirimkan dua wakil. Spanyol diwakili bek Sergio Ramos dan gelandang enerjik Andres Iniesta. Argentina mengirimkan Lionel Messi dan Angel Di Maria.

Adapun Brasil diwakili dua bek mereka, Thiago Silva dan David Luiz. Sementara itu, Arjen Robben menjadi satu-satunya pemain asal Belanda yang masuk skuat impian tersebut.

Masuknya Ronaldo, Messi, dan Neuer ke skuat impian 2014 tidak terlalu mengejutkan.  Ketiga pemain tersebut tampil brilian di posisi masing-masing pada tahun lalu, di level klub atau timnas. Apalagi, ketiganya juga menjadi kandidat utama pemenang Ballon d’Or 2014, yang akhirnya dimenangi Ronaldo.

Ronaldo, Messi, dan Neuer menjadi bagian tujuh pemain yang mampu mempertahankan posisi mereka setelah pada 2013 juga terpilih dalam FIFPro World XI. Tim impian ini dipilih dengan melibatkan 23.000 pemain profesional yang menjadi anggotanya.

Akan tetapi, masuknya Luiz dalam FIFPro XI 2014 yang diumumkan di Zurich, Swiss, Senin (12/1), membuat mata beberapa orang terbelalak. Bek termahal di dunia ketika diboyong Paris Saint Germain (PSG) dari Chelsea dengan banderol 50 juta poundsterling pada awal musim 2014/2015 tersebut dipasang dalam pertahanan Tim Terbaik Dunia sejajar dengan Silva, Lahm, Ramos dengan formasi 4-3-3.

Masuknya Luiz cukup kontroversial. Sebab pemain PSG dan Timnas Brasil tersebut tampil tidak terlalu menonjol selama 2014. Di Piala Dunia 2014, Luiz juga tampil buruk dan gagal menyelematkan kehormatan Selecao, julukan T imnas Brasil, sebagai tuan rumah ketika dihancurkan Jerman 1-7 pada babak semifinal Piala Dunia 2014.

“David Luiz masuk Tim Terbaik Dunia 2014, dan ya, kami serius [tidak bercanda],” tulis situs resmi The Telegraph dalam akun Twitter resminya, dilansir Eurosports.

Reaksi negatif dan kekecawaan langsung muncul di dunia maya dengan terpilihnya Luiz dalam tim impian tersebut. Salah satunya dari mantan pemain Liverpool yang kini aktif menjadi pundit sepak bola, Jamie Carragher. “David Luiz!!!!!!! Keluarkan Blatter [Presiden FIFA, Sep Blatter]!!!,” kicau Carragher dalam akun Twitter-nya, dilansir squawka.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya