SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Timnas Belanda bakal dilatih Dick Advocaat.

Solopos.com, ZEIST – Timnas Belanda akhirnya menemukan pengganti Danny Blind. Pelatih baru yang akan menangani De Oranje itu adalah Dick Advocaat dan akan diasisteni oleh Ruud Gullit.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Advocaat sendiri bukan sosol yang asing bagi Timnas Belanda. Pelatih yang kini berusia 70 tahun itu sebelumnya sudah dua kali menangani Timnas Belanda, yakni pada periode 1992-1994 dan 2002-2004. Dengan usia tersebut, Advocaat pun menjadi pelatih tertua yang pernah menangani Belanda.

Advocaat akan menggantikan posisi Danny Blind yang didepak beberapa bulan lalu setelah membawa Belanda tampil jeblok. Di bawah asuhan Blind, Belanda gagal lolos ke Piala Eropa 2016 dan memperoleh hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Ada dua skenario. Kami memilih jangka waktu yang lebih lama atau kami melakukan segalanya yang mungkin untuk lolos ke Piala Dunia 2018,” kata direktur teknik KNVB [Federasi Sepak Bola Belanda], Hans van Breukelen, di The Guardian, Selasa (9/5/2017).

“Kami memilih opsi kedua. [Pelatih] harus seorang profesional yang berpengalaman, lebih disukai yang memiliki wibawa,” lanjutnya.

Prestasi Advocaat bersama Belanda adalah lolos ke perempatfinal Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Kemudian di Piala Eropa 2004, Belanda mencapai semifinal sebelum disingkirkan tuan rumah Portugal.

Riwayat karier Advocaat di antaranya pernah melatih tim-tim seperti Rangers, Sunderland, dan PSV Eindhovan. Dia juga pernah menjadi pelatih timnas Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Belgia, Rusia, dan Serbia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya