SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Luis Manuel Blanco. dokJIBI/SOLOPOS

JAKARTA – Isu pemecatan Luis Manuel Blanco sebagai pelatih Timnas Indonesia kembali mencuat. Hal ini menyusul absennya pelatih asal Argentina tersebut pada sesi latihan pagi di Lapangan C Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2013) pagi WIB.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Tanpa kehadiran Blanco, latihan timnas yang diikuti 55 pemain itu akhirnya dipimpin oleh Yeyen Tumena, yang ditemani pelatih kiper Alan Afiludin. Selain Blanco, asistennya, Jorge di Gregorio, dan pelatih fisik, Marcos Connena, juga tak tampak batang hidungnya.

Lantas kemanakah Blanco? Rumor yang beredar, pria berusia 59 tahun itu memang segera dilengserkan, walaupun baru sekejap direkrut sebagai pelatih kepala skuat Garuda.

Alasannya, baru beberapa saat melatih, Blanco sudah membuat heboh dengan melakukan pencoretan sejumlah pemain. Eks pelatih U-20 China itu beralasan, para pemain, yang mayoritas pemain Liga Super Indonesia (ISL) itu melakukan tindakan indisipliner dengan meninggalkan latihan.

Namun, keputusan Blanco ini segera ditarik, setelah mendapat protes Badan Tim Nasional (BTN). Pihak BTN pun juga mengaku menyangsikan kapasitas Blanco dan akan memecatnya.

Namun, rumor ini kemudian meredup, setelah Ketua BTN, Isran Noor, mengklarifikasi. Ia mengatakan dengan batalnya pencoretan, Blanco tak jadi dipecat dan BTN tak akan melakukan intervensi.

Akan tetapi, isu lain yang menyertai spekulasi masa depan Blanco adalah, Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago digadang-gadang akan berduet menukangi timnas. Bahkan sempat beredar pula gosip bahwa Alfred Riedl akan kembali menangani Indonesia, menyusul kabar ia terlihat berada di Jakarta akhir pekan kemarin.

“Saya cuma disuruh memimpin latihan pagi ini. Saya cuma disuruh melatih daripada kosong,” ucap Yeyen saat ditanya wartawan perihal keberadaannya pagi ini di lapangan, dilansir detik.com.

RD Gantikan Blanco?

Yeyen juga mengatakan, bahwa sore nanti latihan baru akan dipimpin pelatih kepala. Namun, siapa pelatih kepala yang dimaksud, Blanco atau Rahmad Darmawan, hingga kini masih jadi tanda tanya?

“Nanti sore baru pelatih yang memimpin. Lihat saja di lapangan, sore head coach RD akan memimpin timnas,” sambungnya.

“Soal latihan hari ini cuma kondisi fisik saja. Saya buat latihan dibagi tiga kelompok. Semua pemain bercampur-campur. Biar suasana kebersamaan semakin kuat, tidak ada perbedaan.”

Pergantian pelatih Blanco dengan Rahmad Darmawan sudah terdengar sejak tadi malam. Namun hingga kini belum ada pengumuman resmi dari pihak manajemen timnas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya