SOLOPOS.COM - Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan pemanasan saat latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Selasa (23/1/2024). (Antara/Yusran Uccang)

Solopos.com, DOHA — Timnas Indonesia harus menang atau imbang atas Jepang dalam laga hidup mati bagi kedua tim di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Menang otomatis lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Qatar 2023 sedangkan hasil imbang menjaga peluang melaju dari fase grup.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Indonesia juga masih punya peluang lolos meskipun kalah dari Jepang.

Syaratnya, di laga terakhir Grup F Oman kalah atau imbang dari Kyrgistan. Publik sepak bola Indonesia tentu berharap Kyrgistan yang sudah tersingkir bakal bermain normal sehingga bisa mengalahkan atau setidaknya menahan imbang Oman.

Saat ini Oman mengoleksi satu poin dan berada di peringkat tiga klasemen Grup F. Jika mendapat tambahan tiga poin karena mengalahkan Kyrgistan maka peluang Timnas Indonesia hampir pasti tertutup.

Secara rekor, pertemuan Oman dan Kyrgistan imbang. Mereka dua kali bertemu dan sama-sama sekali menang sekali kalah.

Selain Oman, Indonesia juga masih punya peluang jika Bahrain kalah dengan skor besar dari Yordania dan di saat sama Garuda kalah tipis dari Jepang.

Hitung-hitungan selisih gol akan menjadi penentu klasemen peringkat tiga terbaik bagi Indonesia dan Bahrain.

Indonesia saat ini berada di urutan terakhir jalur peringkat tiga terbaik yang lolos ke 16 Besar Piala Asia.

Di peringkat pertama adalah Palestina, disusul Syiria dan Bahrain.

Jika Oman imbang lawan Kyrgistan maka poinnya hanya dua sehingga klasemen peringkat tiga terbaik tidak berubah.

Hanya empat tim dari jalur peringkat tiga terbaik yang bakal lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia.

Klasemen Peringkat Tiga Terbaik

1. Palestina 4
2. Syiria 4
3. Bahrain 3
4. Indonesia 3
5. China 2
6. Oman 1

Tak Gentar

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak gentar menghadapi Jepang.

Demikian pula dengan gelandang Egy Maulana Vikri yang menyebut Skuad Garuda “sangat lapar” menyambut laga prestisius melawan Jepang.

Shin Tae-yong tidak menampik fakta bahwa Jepang merupakan tim nomor satu di Asia pada saat ini.

Berdasarkan ranking FIFA, per Desember 2023 Jepang menempati peringkat 17, atau tertinggi di antara negara-negara Asia lainnya.

Sementara Indonesia berada di posisi 146 dunia (proyeksi 142 setelah menang 1-0 atas Vietnam).

Jepang yang berjuluk Samurai Biru juga rutin tampil di Piala Dunia sejak tahun 1998.

Mereka tidak pernah absen dalam tujuh edisi terakhir yakni 1998, 2002, 2006, 2010, 2014, 2018, 2022.

Di Piala Asia, Jepang juga jadi pengoleksi gelar terbanyak. Mereka menjadi juara sebanyak empat kali pada tahun 1992, 2000, 2004 dan 2011.

Namun Shin Tae-yong berharap para pemain timnas Indonesia tidak inferior dengan data mengerikan milik Jepang.

Shin Tae-yong menyebut level sepak bola Indonesia sudah berkembang ke arah yang benar.

“Tentu saja, Jepang adalah tim tertinggi di AFC, tim nomor satu. Mungkin ini akan menjadi pertarungan yang sulit bagi kami, tetapi kami ingin menunjukkan penampilan yang bagus. Sejauh ini kami sudah menyiapkan dengan baik, dan saya ingin menunjukkan bahwa bola sepak Indonesia telah berkembang dengan baik,” kata Shin Tae-yong.



Hal senada disampaikan gelandang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri. Pemain asal Dewa United FC tersebut sudah tidak sabar untuk unjuk gigi di hadapan tim terbaik Asia, yang diperkuat pemain-pemain bintang seperti Takefusa Kubo, Wataru Endo, dan Kaoru Mitoma.

“Sebagai pemain, kami sudah siap. Kami ingin menunjukkan penampilan kami yang terbaik. Kami tidak bisa menunggu lagi untuk bermain melawan salah satu tim terbaik di Asia. Kami sangat menantikan pertandingan melawan Jepang. Semua pemain juga sangat ‘lapar’ untuk itu. Karena itu, kami siap untuk bermain. Jadi, kemenangan atas Vietnam di laga sebelumnya sangat membantu dan sangat bermakna bagi kami. Jadi, karena itu, semua pemain siap untuk bermain besok,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya