SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 mengikuti latihan jelang pertandingan semifinal AFF U-16 di Stadion UNS, Solo, Jawa Tengah, Minggu (30/6/2024). Indonesia akan bertanding melawan Australia pada pertandingan semifinal Piala AFF U-16 pada hari Senin (1/7/2024) di Stadion Manahan Solo. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

Solopos.com, SOLO — Timnas Indonesia U-16 akan melakoni ujian di semifinal Piala AFF U-16 saat bersua Australia U-16 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) pukul 19.30 WIB dan disiarkan langsung di Indosiar. Melaju sebagai juara Grup A, Garuda Muda tentu harus bisa tampil maksimal saat melawan Australia U-16.

Timnas Indonesia U-16 melaju cukup mulus di Grup A dengan mencatatkan sapu bersih dari tiga pertandingan. Tim asuhan Nova Arianto ini menang melawan Singapura dan Filipina dengan skor identik 3-0 sebelum melumat Laos 6-1.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Nova Arianto terus melakukan rotasi pemain. Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni, Timnas Indonesia U-16 menurunkan starting line-up berbeda di setiap laga. Meski begitu, Timnas Indonesia U-16 masih bisa tampil konsisten dan memainkan sepak bola yang menyerang.

Lini depan Garuda Muda juga sangat tajam, 12 gol mereka ciptakan dari tiga pertandingan. Mochamad Mierza, Daniel Alfrido, Evandra Florasta, I Putu Panji, M. Zahaby Gholy dan Josh Holong adalah nama-nama yang sudah menjaringkan bola ke gawang lawan di fase grup. Lini belakang juga cukup tangguh dengan hanya kebobolan satu gol sejauh ini.

Meski begitu, Timnas Indonesia U-16 harus tetap berbenah jelang lawan Australia U-16. The Socceroos bukanlah tim yang satu level dengan lawan di Grup A. Tim asuhan Bradley John Maloney ini berhasil mencetak 14 gol dari tiga pertandingan yang sudah dijalani.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto dalam press conference sebelum laga di Solo, Minggu (30/6/2024) mengakui, tidak hanya Australia saja, tetapi semua negara semifinalis Piala AFF U-16 adalah tim yang baik. Ia berharap, para pemainnya bisa tampil lepas di laga melawan Australia nanti.

“Saya ingin melihat perkembangan para pemain. Laga ini tidak mudah karena Australia lawan yang baik, empat tim yang di semifinal adalah yang terbaik di Asia Tenggara. Kami menganalisis apa yang dilakukan Australia dan kami harap pemain bisa tampil lepas. Semoga tim bisa bermain baik dan menang di pertandingan besok,” ujar Nova Arianto.

Matthew Baker

Ia juga mengatakan berusaha menggali informasi dari Matthew Baker yang bermain di Liga junior Australia bersama Melbourne Victory U-16. Sebagai informasi ada dua pemain Melbourne Victory U-16 yang berseragam Austraia saat ini, yaotu James Houridis dan Alexander Houridis.

“Kami bertanya  pada Baker ya, ada dua atau tiga pemain yang satu klub dengannya, tapi saya belum tahu lebih jauh. Harpananya pemain fokus dan enjoy karena tidak ada target, harapannya pemain bisa menjalani progress dengan baik,” ulasnya.

Sedangkan pelatih Australia U-16, Bradley John Maloney, mengatakan Piala AFF U-16 memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman bagi para pemain muda Australia untuk berkompetisi. Meski begitu, ia berharap pemainnya bisa tampil baik dan memenangkan laga.

“Ini adalah kesempatan bagi kami, sejauh ini empat tim yang lolos adalah yang tebraik. Kami menilai ini laga yang sulit melawan Indonesia sebagai tuan rumah. Ini adalah tujuan kami memberikan pengalaman bagi para pemain di turnamen internasional,” jelasnya.

Memiliki waktu recovery lebih pendek, Bradley menilai akan sedikit berpengaruh dari permainan timnya. Meski begitu, ia mengatakan tetap menargetkan untuk menang di laga besok.

“Kami baru bermain kemarin, ini adalah tantangan karena kami baru bermian kemarin, tapi kami dalam kondisi baik untuk laga besok. Hari ini kami fokus recovery, kami ingin menang dan lolos ke final,” tutupnya.

Perkiraan susunan pemain

Indonesia U-16 (4-3-3)

M. Ichsan; Fabio Azkairawan, Raihan Apriansyah, Putu Panji, Mathew Baker; Nazriel Alfaro, Daniel Alfredo, Evandra Florasta; Zahaby Gholy, Fadly Alberto, Muhammad Mierza

Pelatih: Nova Arianto

Australia U-16 (4-4-2)

Jai Ajanovic; Malual Kuir, Jayden Peter Necovski, Christian David Pullella, Alexander Lech Garbowski; Nickolas Gustavo Alfaro, Quinn Macnicol, Alexander Jesse Bolton, Jay Noah Maltz; Amlani Tatu, Jordan Graroski

Pelatih: Bradley John Maloney

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya