SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque, menyarankan Real Madrid keluar menyerang untuk mengalahkan Manchester United pada laga leg kedua 16 besar di Old Trafford, Rabu (6/3/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, MADRID – Pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque, setuju untuk memperpanjang kontraknya hingga Piala Dunia 2014 Brazil.

Kontrak Del Bosque bakal berakhir setelah Piala Dunia 2014. Spekulasi terkait masa depannya pun sudah mulai mencuat.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Namun, pelatih 62 tahun, yang membawa Spanyol memenangi gelar Piala Dunia pertamanya di Afrika Selatan, tiga tahun lalu dan memberikan trofi Piala Eropa 2012, tampaknya akan memperpanjang masa kerjanya di La Furia Roja, julukan Spanyol. Eks pelatih Real Madrid itu akan tetap menjabat sebagai entrenador Spanyol sampai setelah Euro 2016.

“Kami telah setuju,” ujar Del Bosque kepada Television Espanola, dilansir Soccerway, Kamis (17/10/2013).

Meski demikian, Del Bosque menyadari bahwa masa depannya di timnas belum sepenuhnya pasti. Masa depannya bersama La Furia Roja akan sangat bergantung dengan penampilan timnya di Brazil.

“Tapi kami harus sangat berhati-hati karena masih ada jalan panjang untuk dilalui, dan kemudian Piala Dunia, di mana banyak hal yang terjadi tidak seperti yang kami pikirkan,” imbuhnya.

Del Bosque menangani Spanyol sejak musim 2008. Salah satu strateginya yang paling terkenal adalah saat menerapkan false nine di kubu Spanyol saat Euro 2012.

False Nine adalah strategi menyerang tanpa striker murni. Strategi ini sempat mendapat kecaman karena tak mengoptimalkan para striker secara maksimal dan lebih menumpuk gelandang serang.

Namun, strategi ini justru berhasil dan mengantarkan Spanyol memenangi Euro 2012, dengan menghancurkan Italia 4-0 di final.
Dalam Piala Dunia di Brazil nanti, Del Bosque berencana memasukkan striker kelahiran Brazil, Diego Costa, kedalam skuat Spanyol. Costa tampil moncer bersama Atletic Madrid, sepanjang musim ini.

Costa memiliki dua kewarganegaraan, Brazil dan Spanyol. Ia juga telah menghabiskan waktu lebih dari lima tahun di Spanyol, yang merupakan syarat untuk bisa dinaturalisasi.

Namun keinginan Del Bosque ini menimbulkan kontroversi. Pasalnya, Pelatih Brazil, Luiz Felipe Scolari, juga memasukkan nama top skor sementara La Liga Spanyol itu ke dalam daftar 45 pemain yang akan dipanggil menjalani seleksi skuat Piala Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya