SOLOPOS.COM - Pebasket Timnas Spanyol Willy Hernangomez (tengah) berusaha merebut bola dari pebasket Timnas Pantai Gading Vafessa Fofana (kiri) dan Amadou Sidabe (kanan) dalam babak fase grup FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/8/2023). (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Spanyol masih terlalu perkasa bagi Pantai Gading saat mereka meraih kemenangan telak 94-64 dalam laga kedua pada Grup G FIBA Basketball World Cup 2023 atau Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/8/2023).

Pada kuarter pertama, Spanyol sebagai juara bertahan Piala Dunia FIBA 2019 itu langsung tancap gas hingga memimpin 9-0 atas Pantai Gading. Pantai Gading baru pecah telur tiga menit setelah tip-off melalui lay up Maxence Dadiet. Dua menit jelang kuarter awal berakhir, Pantai Gading mulai memberikan perlawanan. Cedric Bah memperkecil ketertinggalan menjadi 20-16.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Poin-poin dari Hernangomez bersaudara, Juancho dan Willy, membawa skuad asuhan Sergio Scariolo itu menutup kuarter pertama dengan skor 24-17.

Pada kuarter kedua Spanyol semakin mendominasi. Willy berturut-turut membuat tembakan dua angka dan membuatnya memperbesar keunggulan 34-26. Pebasket bernomor punggung 14 itu kembali menunjukkan kelasnya. Lima kali berturut-turut, tembakan dua angka pebasket itu memperbesar keunggulan menjadi 44-28.

Pada kuarter kedua ini, tembakan dua angka dan tiga angka Pantai Gading banyak menemui kegagalan. Anak-anak Dejan Prokic itu kesulitan menembus pertahanan Spanyol. Ditutup dengan tembakan tiga angka Victor Claver, kuarter kedua masih milik Spanyol dengan skor 53-34.

Dua kali tembakan tiga angka mewarnai pembukaan kuarter ketiga dan mengubah skor menjadi 56-37. Dario Brizuela membuat tembakan tiga angka. Spanyol semakin menjauh dengan margin 25, 62-37. Margin skor tidak berbeda jauh hingga kuarter ketiga berakhir dimana Spanyol memimpin dengan skor 73-47 atau dengan margin 26.

Memasuki kuarter terakhir, kedua tim tidak banyak mencetak angka selama empat menit berjalan. Hanya lima angka untuk Spanyol dan empat angka untuk Pantai Gading yang masuk ke dalam ring sehingga membuat skor menjadi 78-51.

Pada kuarter terakhir ini, Pantai Gading memperbaiki penampilan mereka di kuarter sebelumnya karena margin yang sempat menyentuh 30 dan 25 angka berhasil diperkecil menjadi 20 ketika lay up Charles Abouo membuat skor menjadi 62-82.

Asa Pantai Gading untuk memperbaiki skor di kuarter terakhir pupus karena melalui tembakan tiga angka pamungkas dari Dario Brizuela, Spanyol menutup laga dengan kemenangan 94-64 atau dengan margin 30 poin.

Kemenangan ini membuat Spanyol menguntit Brazil di posisi kedua Grup G dengan poin yang sama yaitu dua poin. Sedangkan kekalahan ini membuat Pantai Gading mengoleksi satu poin dan menempati posisi ketiga klasemen sementara.

Pemain terbaik pada laga ini disabet oleh Willy. Pebasket 29 tahun itu tampil apik dengan 22 poin yang diciptakannya.

Pada laga selanjutnya, Spanyol akan menghadapi laga berat yaitu melawan Brasil pada Senin (28/8/2023) pukul 16.45 WIB, sedangkan Pantai Gading akan menghadapi Iran pada hari yang sama pukul 20.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya