SOLOPOS.COM - Jajaran direksi Persis Solo yakni Kaesang Pangarep (tengah), Kevin Nugroho (kiri) dan Mahendra Agakhan Thohir berfoto usai pengenalan manajemen baru klub di Stadion Manahan, Solo, 20 Maret 2021 lalu. Di bawah Kaesang dkk., Persis diharapkan memiliki banyak program positif untuk membantu warga di masa pandemi Covid-19. (Istimewa/Twitter Kaesang Pangarep)

Solopos.com, SOLO — Persis Solo berhasil mencetak sejarah baru dengan lolos ke Liga 1 setelah 14 tahun di kasta kedua sepak bola Indonesia. Momentum kebangkitan Persis Solo salah satunya berkat peran para anak muda yang mengakuisisi kepemilikan klub berjuluk Laskar Sambernyawa itu.

Pada Sabtu (20/3/2021), Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Persis Solo Saestu (PSS) di Hotel Alila Solo, pemilik baru Persis Solo tampil. Putra bungsi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, yang hadir resmi mengakuisisi 40% saham Persis Solo. Sedangkan Direktur PT Plevia Makmur Abadi, Kevin Nugroho, memiliki 30% saham.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Kejutan pun muncul setelah Erick Thohir turut serta menjadi pemilik saham Laskar Sambernyawa. Menteri BUMN itu resmi menguasai 20% saham PT PSS. Sedangkan sisanya, 10% saham Persis Solo dimiliki para pendiri PT PSS dan 26 tim internal.

Baca Juga: Harapan Suporter Persis Solo Kandas, Ciro Alves Mendarat di Bandung

Erick Thohir yang merupakan eks pemilik Inter Milan itu sempat ingin mengakuisisi Persis pada 2019. Namun Erick yang saat itu juga bersama Kevin, gagal membeli Persis setelah PT Syahdhana Property Nusantara (SPN) memilih menjual 70% sahamnya di PT PSS kepada Vijaya Fitriyasa.

Hasil di RUPSLB tersebut artinya menghapus kepemilikan saham mayoritas sebelumnya atas nama Vijaya yang mengelola Persis sejak 2019. PT Syahdhana Property Nusantara (SPN) juga resmi melepas sisa sahamnya di PT PSS sebesar 20%.

Selaku pendiri Mahaka Group itu, Erick Thohir yang memiliki kekayaan Rp2.316.600.097.385 alias Rp2,3 triliun sangat mampu mengakuisi PT PSS. Soal besaran harta Erick Thohir ini diketahui berdasarkan dokumen laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) 2020.

Baca Juga: Dibuka, Lowongan Asisten Pelatih Persis Solo Academy

Ayah dari Mahendra Agakhan Thohir itu memiliki harta berupa tanah dan bangunan seharga Rp242.547.000. Erick Thohir juga memiliki total empat kendaraan yang terdiri dari tiga mobil Mercedez Bens dan satu unit sepeda motor senilai Rp3.917.000.

Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp26.500.000, surat berharga Rp1.699.674.350, kas Rp139.424.833.875, serta harta lainnya senilai Rp264.653.478.657. Sementara itu dia memiliki utang sebesar Rp60.116.565.1447.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Erick mengakuisisi saham Persis Solo melalui perjalanan panjang. Mantan bos Inter Milan ini mengincar Persis Solo sejak 2019 lalu karena dinilai potensial.

Kini, Erick Thohir turut serta menjadi pemilik saham Laskar Sambernyawa. Menteri BUMN itu resmi menguasai 20% saham PT PSS. Dalam acara perkenalan manajemen Persis Solo, sosok putra sulung Erick Thohir, Mahendra Agakhan Thohir atau akrab dipanggil Aga Thohir, tampil di panggung berdampingan dengan Kaesang.

Baca Juga: Kiper Barito Putra Dipertahankan, Ini Sosok Pengganti Harlan Suardi

Dalam kesempatan tersebut Aga Thohir menyampaikan komitmennya membantu mengelola klub Persis Solo dengan baik. Dia pun berkomitmen membawa tim lokal menjadi juara nasional. Kini cita-cita itu telah terwujud.

“Saya ingin bantu persiapkan industri olahraga di Indonesia, mulainya dari Solo. Bagaimana bisa bawa tim lokal jadi juara nasional,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya