SOLOPOS.COM - Gelandang Everton, Marouane Fellaini. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LONDON – Pergerakan aktif dilakukan tim-tim Liga Premier Inggris jelang ditutupnya bursa transfer pemain musim panas pada Senin (2/9/2013) waktu setempat. Tim-tim seperti Arsenal dan Manchester United, yang tak banyak melakukan pembelian pemain sebelumnya, pun mengambil langkah berani untuk mendapatkan pemain incarannya sebelum berakhirnya batas waktu pembelian .

Jelang ditutupnya bursa transfer, Arsenal sukses mendapatkan Mesut Ozil dari Real Madrid. Playmaker asal Jerman itu diboyong ke Emirates Stadium dengan banderol yang cukup fantastis, yakni 42,5 juta poundsterling atau setara Rp725 miliar (Kurs 1 poundsterling = Rp17.070).

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Pembelian Ozil memecahkan rekor transfer yang pernah dilakukan Arsenal sejak 2009. Biaya pembelian tertinggi sebelumnya dipegang klub London utara itu saat mendatangkan penyerang Rusia, Andriy Arshavin, pada 2009 lalu, sebesar 15 juta poundsterling atau Rp256 miliar.

Ozil juga merupakan penandatangan pemain kali pertama yang dilakukan Manajer Arsenal, Arsene Wenger, dengan mengeluarkan biaya sepanjang musim ini. Sebelumnya, Arsenal mampu menambahkan dua pemain baru, yakni striker Yaya Sanogo dan gelandang Matheu Flamini, hanya secara gratis.

“Sudah saya katakana sepanjang musim panas, bahwa kami telah bekerja keras untuk mendatangkan pemain berkualitas,” tutur Wenger dalam situs resmi klub, seusai memastikan kedatangan Ozil, dilansir Reuters, Selasa (3/9/2013).

“Ini telah melibatkan banyak orang, banyak orang di seluruh klub dan saya selalu mendapat dukungan penuh dari klub untuk mengambil keputusan.”

Namun, tak hanya Arsenal, klub Liga Inggris, yang melakukan pergerakan mengejutkan jelang penutupan bursa transfer. Jawara musim lalu, Manchester United, pun melakukan langkah cukup spektakuler dengan berhasil menggaet gelandang Marouane Fellaini dari Everton dengan biaya 27,5 juta poundsterling atau Rp469 miliar.

Dilansir BBC, United sudah lama mengincar Fellaini. Terlebih setelah dua bidikan pemain gelandangnya sepanjang musim panas ini, yakni Thiago Alcantara dan Cesc Fabregas, gagal di dapat.

Semula, United mengajukan tawaran 28 juta poundsterling atau setara Rp477 miliar untuk menggaet Fellaini dan rekan setimnya, Leighton Baines. Namun, penawaran itu dianggap sebagai hal yang konyol oleh Everton.

Setelah mengalami kekalahan 0-1 atas Liverpool di Anfield, akhir pekan lalu, United pun akhirnya langsung berpikir ulang. Tim berjuluk Setan Merah ini pun lantas berani menaikan tawaran dan sukses menggaet pemain internasional Belgia itu dengan sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya