SOLOPOS.COM - Steven Gerrard dengan seragam LA Galaxy. Ist/Dok

Transfer pemain Liverpool Steven Gerrard menuju LA Galaxy berjalan mulus.

Solopos.com, LONDON — Bergabungnya bintang sepak bola Eropa, Steven Gerrard, membuat Los Angeles (LA) Galaxy memasuki musim ke-20 Major League Soccer (MLS) Amerika dengan optimisme tinggi.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

LA Galaxy resmi mengikat gelandang andalan Liverpool itu dengan kontrak selama 18 bulan. Namun, para fans tim Amerika Utara itu harus menanti hingga musim panas nanti untuk melihat Gerrard beraksi.

Kendati telah menandatangani kontrak dengan LA Galaxy, Gerrard harus menyelesaikan tugasnya di Anfield hingga kompetisi Liga Premier musim ini berakhir, Juni nanti. Setelah itu, dia baru bisa mengenakan seragam LA Galaxy secara resmi.

“Saya sangat senang bisa memulai babak baru dalam karier di Amerika Serikat bersama LA Galaxy. Galaxy adalah klub paling sukses dalam sejarah MLS dan saya akan berusaha mempersembahkan lebih banyak gelar satu tahun ke depan,” ujar gelandang 34 tahun itu, seperti dilansir Sky Sports, Kamis (8/1/2015).

“Diskusi saya dengan [pelatih] Bruce Arena dan [presiden] Chris Klein sangat positif dan masa depan tim ini sangat cerah. Saya berkomitmen membantu LA Galaxy meraih trofi. Saya akan memberikan segalanya untuk klub ini. Tapi saat ini, saya akan melanjutkan perjuangan maksimal untuk Liverpool hingga akhir musim sebelum bergabung dengan LA Galaxy,” sambung Gerrard.

Pelatih LA Galaxy, Bruce Arena, pun optimistis tim besutannya mampu merajai MLS dengan bantuan Gerrard. “Kami sangat senang bisa mendapatkan seorang pemain dengan kaliber, pengalaman, dan karakter seperti Steven [Gerrard]. Dia adalah pemain paling berbakat di dunia dan akan bergabung dengan tim kami. Steven akan menjadi contoh sempurna untuk para pemain muda kami,” jelas dia.

Keputusan LA Galaxy menghabiskan banyak uang untuk memboyong mantan kapten Timnas Inggris itu tidak terlalu mengejutkan. Sebelumnya, mereka juga pernah membeli bintang Inggris, David Beckham, saat dia memberi sinyal ingin memulai karier di Amerika.

Sejak 1970, sejumlah pemain top Eropa telah menghiasi liga lama Amerika Utara, North America Soccer League (NASL). Beberapa di antaranya adalah Pele dan Franz Beckenbauer yang bermain untuk New York Cosmos. Kini, tren pembelian pemain asing tampaknya mulai berlanjut.

LA Galaxy menjadi tim paling sukses di MLS setelah mengoleksi lima gelar. Akan tetapi, hengkangnya Beckham dan pensiunnya Landon Donovan membuat sinar tim polesan Bruce Arena itu memudar.

Kini, dengan bergabungnya Gerrard, LA Galaxy siap merebut kejayaan kembali. Kehadiran pemain berpostur 183 cm itu diprediksi bakal membawa nama La Galaxy bersinar. “LA Galaxy melanjutkan perebutan gelar dan memburu kesuksesan setiap tahun. Dikontraknya Steven [Gerrard] adalah salah satu bukti komitmen Anschutz [Pemilik LA Galaxy, Philip Frederick Anschutz] untuk pertumbuhan sepak bola di Los Angeles dan Amerika Utara,” kata Presiden LA Galaxy, Chris Klein, dilansir Reuters. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya