SOLOPOS.COM - Pemain Arsenal, Per Mertesacker (tengah) mendapatkan ucapan selamat dari rekan setimnya, Aaron Ramsey (kiri) dan Mesut Ozil (kanan) setelah membobol gawang Stoke di Stadion Emirates, London, Minggu (22/9). (Reuters/Paul Hackett)

Transfer pemain tak banyak dilakukan Arsenal.

Solopos.com, LENS – Seperti beberapa musim lalu, Arsenal tak banyak melakukan aktivitas transfer di bursa musim panas ini. Berbeda dengan para rivalnya yang jor-joran membeli pemain demi memperkuat tim.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sejauh ini, The Gunners baru merekrut tiga pemain yakni Granit Xhaka, Rob Holding, dan Takuma Asano. Xhaka menjadi pembelian termahal sekaligus paling tenar di antara dua nama lainnya. Baik Hodling maupun Asano merupakan pemain muda.

Minimnya aktivitas transfer Arsenal ini membikin khawatir sang kapten, Per Mertesacker. Bek asal Jerman itu menilai kans juara Arsenal akan semakin sulit lantaran para rival sangat aktif di bursa transfer.

Chelsea yang jeblok musim lalu menggaet Antonio Conte sebagai pelatih, ditambah dua pemain anyar yakni Michy Batshuayi dan N’Golo Kante. Manchester United yang bakal dilatih Jose Mourinho menggaet penyerang kawakan Zlatan Ibrahimovic, serta Henrikh Mkhitaryan dan Eric Bailly.

Manchester City bersama Josep Guardiola telah mendapatkan Ilkay Guendogan, Nolito [Celta Vigo], dan Oleksandr Zinchenko. Sementara itu, Liverpool memiliki tujuh wajah baru yakni Joel Matip, Marko Grujic, Loris Karius, Sadio Mane, Ragnar Klavan, Alex Manninger, dan Georginio Wijnaldum.

Musim lalu Arsenal finis kedua, posisi tertinggi sejak terakhir kali mencapainya pada 2004-05. Mertesacker memprediksi persaingan akan semakin ketat di musim 2016-17. “Itu yang kuharapkan, jadi kami mesti lebih kuat juga,” kata Mertesacker seperti dilansir Espnfc, Senin (25/7/2014).

“Kami [akan] mencoba untuk bugar dan bersaing untuk gelar juara, tapi di sisi lain ada beberapa tim lain yang sangat menantikan musim ini dengan banyak pemain baru. Tidak banyak pemain baru [untuk Arsenal], hanya satu, dua, atau tiga pemain baru dan banyak pemain muda juga. Jadi begitulah saat ini.”

“Tidak akan mudah di musim ini, terutama dengan semua rekrutan yang dilakukan [oleh klub-klub lain]. Ada banyak transfer yang sudah dilakukan,” lanjut Mertesacker.

Meski begitu, Mertesacker menilai, banyaknya pemain baru yang hadir di sebuah tim tidak selalu memberi dampak positif. Bisa saja, banyaknya pemain baru itu justru membuat tim tidak padu karena banyaknya amunisi yang mulai beradaptasi lagi.

“Perlu kecocokan. Anda tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dengan tim-tim lain, bahkan saat Anda memiliki tiga, empat pemain top Anda perlu saling melengkapi. Kupikir ada banyak pertanyaan,” tutup pemain asal Jerman itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya