SOLOPOS.COM - Transfer Wilfried Bony dari Swansea ke City termahal bagi seorang pemain dari Afrika. Ist/walesonle. ist/walesonline.co.uk

Transfer pemain Swansea City Wilfried Bony ke Manchester City dinilai transfer dengan harga termahal bagi seorang pemain yang berasal dari Afrika.

Solopos.com, MANCHESTER— Striker Swansea City, Wilfried Bony, akhirnya resmi berkostum Manchester City, Rabu (14/1/2015). Pemain asal Pantai Gading tersebut akan menjadi bagian kuartet lini serang City bersama Sergio Aguero, Edin Dzeko, dan Stevan Jovetic.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Bony dikontrak dengan durasi empat setengah tahun berbanderol 28 juta poundsterling atau sekitar Rp535,8 miliar. City harus merogoh kocek senilai 25 juta poundsterling atau sekitar Rp478,4 miliar di muka dan bakal melengkapi sisanya senilai 3 juta poundsterling atau sekitar Rp57,6 miliar sesuai dengan performa sang striker.

Penyerang berusia 26 tahun tersebut pun memecahkan rekor pemain termahal dari Benua Afrika. Sebelumnya, rekor transfer pemain dari Benua Hitam dicetak Michael Essien ketika diboyong Chelsea dari Lyon dengan mahar senilai 24,4 juta poundsterling atau sekitar Rp468,4 miliar. Di skuat Manchester Biru, Bony bakal mengenakan jersey nomor 14, yang sebelumnya dipakai Javi Garcia.

“Ini perasaan yang luar biasa buatku, sebuah kehormatan besar berada di sini dan ini sebuah tantangan luar biasa,” beber Bony, seperti dilansir Daily Mail.

The Citizens tentu memiliki alasan kuat merekrut Bony. Striker berambut kribo tersebut membuktikan ketajamannya sebagai top scorer Liga Premier dalam tahun kalander 2014, dengan memborong 20 gol. Bahkan, koleksi gol Bony tersebut masih unggul dua biji dari bomber utama City, Sergio Aguero yang mencetak 18 gol sepanjang 2014.

Bony merasa tidak akan kesulitan beradaptasi dengan pasukan Manuel Pellegrini. Sebab, skuat The Citizens juga dihuni pemain Pantai Gading, Yaya Toure, yang bisa membantunya semakin nyetel di Stadion Etihad. Saat ini, Bony dan Toure, sedang melakukan persiapan bersama Timnas Pantai Gading untuk Piala Afrika 2015.

“Saya bicara dengan Yaya saat bertugas di timnas [Pantai Gading] dan saya yakin dia akan menolongku menjadi pemain yang lebih baik dan striker yang lebih tajam. Saya akan menjadi pemain hebat di City dan sebuah kesempatan besar bagiku untuk bekerja keras dan mengambil peluang,” jelas dia.

Bony disebut-sebut bakal mengantongi gaji senilai 100.000 poundsterling atau sekitar Rp1,9 miliar per pekan di Etihad. Nilai tersebut nyaris dua kali lipat lebih banyak ketimbang gaji yang diterimanya bersama Swansea.

Kehadiran Bony tentu bakal membuat lini depan The Citizens semakin menakutkan. Dia akan menjadi bagian dari kuartet barisan striker Manchester Biru bersama Aguero, Dzeko, dan Jovetic yang baru sembuh dari badai cedera belum lama ini. Ambisi City mengejar defisit dua poin dari Chelsea di puncak klasemen sementara Liga Premier sontak bakal semakin menggila.

“Dia akan menjadi tambahan bagus dalam skuat kami. Kami sekarang punya empat striker kelas top dan saya tak sabar melihat mereka bekerja sama,” beber Pellegrini, seperti dilansir manchestereveningnews.co.uk. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
TRANSFER PEMAIN TERMAHAL AFRIKA
Tahun   Pemain                                Klub Asal             Klub Tujuan        Harga
– 2015       Wilfried Bony    Swansea City     Man. City             £25 juta (berpotensi naik ke £28 juta)
– 2005       Michael Essien  Lyon      Chelsea                                £24,4 juta
– 2010       Yaya Toure          Barcelona            Man. City             £24 juta
– 2004       Didier Drogba    Marseille             Chelsea                                £24 juta
 
Ket: 1 poundsterling : Rp19.203.
Sumber: bbc.com. (hkt/JIBI)

Transfer Wilfried Bony dari Swansea ke City termahal bagi seorang pemain dari Afrika. Ist/walesonle.

Transfer Wilfried Bony dari Swansea ke City termahal bagi seorang pemain dari Afrika. Ist/walesonle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya