SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyerahkan Piala Wali Kota Solo kepada tim R2 yang menjuarai turnamen KU-12 di Stadion Mini Surakarta, Minggu (19/3/2023). (Solopos.com-Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Tim R2 berhasil menjadi juara Piala Wali Kota Solo 2023 setelah mengalahkan Mars dalam babak final turnamen sepak bola usia dini kelompok usia (KU) 12 tahun di Stadion Mini Surakarta, Minggu (19/3/2023) sore. Tim R2 berhasil meraih gelar bergengsi tersebut setelah menang 3-1 lewat adu penalti kontra Mars.

Kedua tim dalam 2×12 menit bermain sama kuat dengan skor akhir 0-0. Babak dilanjutkan lewat drama adu penalti. Dua penembak penalti Mars gagal menuntaskan tugasnya.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Sementara tiga algojo penalti tim R2 berhasil menceploskan bola ke gawang MARS. Selain menjadi juara, tim R2 juga berhak membawa piala bergilir Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

R2 melaju ke final setelah mengalahkan Jupiter United dengan skor telak 3-0. Adapun MARS mengalahkan AT Farmasi di babak semifinal dengan skor meyakinkan 4-0.

Proses penyerahan juara Piala Wali Kota Solo 2023 diserahkan langsung Gibran Rakabuming Raka kepada tim R2.

Gibran mengatakan kompetisi usia dini di Kota Solo akan terus digaungkan untuk menjaring bibit-bibit berkualitas dari Solo. Menurutnya pertandingan final sangat berjalan seru.

“Pertandingan berjalan fair play dan seru. Pendukung kedua tim juga bersemangat. Turnamen seperti ini saya harapkan terus berjalan sesuai jenjang kelompok usia,” kata Gibran seusai menyerahkan Piala Wali Kota Solo.

Ketua Panitia Penyelenggara, Rianto Ardi Nugroho, menjelaskan turnamen kelompok umur yang sebelumnya belum pernah ada, saat ini sudah dilaksanakan Askot PSSI Solo.

“Selamat untuk juara. Bagi yang belum mendapatkan juara, bisa dicoba di turnamen-turnamen berikutnya. Pertandingan yang diikuti 24 tim berjalan dengan sukses dan ini menjadi bank data bagi Askot untuk pembinaan ke depannya,” jelas Rianto.

Ketua Askot PSSI Surakarta, Arya Surendra mengapresiasi terselenggaranya turnamen sepak bola untuk kelompok usia yang pertama kalinya di Kota Solo.

“Setelah bertahun-tahun, belum ada turnamen kelompok usia di Kota Solo di bawah Askot PSSI Surakarta. Ya baru tahun ini ada turnamen kelompok umur. Dari turnamen ini, kami berharap ada bibit-bibit unggul pesepak bola dari Kota Solo,” terang Ryo, sapaan akrab Arya Surendra.

Ryo menambahkan, turnamen sepak bola KU 12 tahun memperebutkan Piala Wali Kota Solo ini direncanakan terus bergulir setiap tahunnya.

Pembina MARS, BM Anjasmara, mengaku puas dengan terselenggaranya turnamen kelompok usia 12 tahun di Kota Solo di bawah Askot PSSI Solo. Mantan manajer Persis Solo tersebut mengemukakan, turnamen Piala Wali Kota Solo merupakan sebuah turnamen bergengsi untuk kelompok umur di Kota Solo.

“Sesuai target manajemen Mars, masuk final walaupun belum juara. Yang pasti MARS tetap konsisten melakukan pembinaan secara berjenjang. Terima kasih pemain dan pelatih yang berjuang keras hingga ke final,” kata Anjasmara.

Selain menobatkan R2 sebagai juara dan MARS menjadi runner-up Piala Walikota 2023, tim Jupiter United dan AT Farmasi meraih peringkat ketiga bersama.

Berikut daftar penerima penghargaan Piala Walikota Solo 2023:

Top Scorer: M Revan P (Tim R2)

Best Player: A Syabani (MARS)

Best Goalkeeper: Muh Rizki (R2)

Tim Fair Play: SSB AT Farmasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya