SOLOPOS.COM - Indonesia dan Thailand bermain sama kuat pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Kamis (29/12/2022). (Twitter @PSSI)

Solopos.com, JAKARTAIndonesia bermain imbang 1-1 melawan Thailand meski unggul jumlah pemain sejak menit ke-62 pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Thailand harus bermain dengan 10 orang setelah Sanrawat Dechmitr  dikartu merah pada menit ke-62.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Sebelumnya Indonesia unggul 1-0 melalui Marc Klok yang mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit ke-50. Tendangan penalti diberikan setelah pemain Thailand Theerathon Bunmathan handsball di area terlarang.

Baca Juga: Witan Buang Peluang Emas, Babak I Indonesia vs Thailand Berakhir 0-0

Tangannya menyentuh bola yang dikirimkan Asnawi Mangkualam yang melakukan serangan dari sayap kanan dan menusuk jantung pertahanan Thailand sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang.

Marc Klok mengeksekusi tendangan penalti dengan baik. Tendangannya keras meluncur ke tengah gawang dan kiper Kittipong Phoothawchuek terkecoh menjatuhkan badan ke kanan.

Permainan kedua kesebelasan berlangsung lebih menarik setelah gol tersebut. Thailand berupaya mengejar ketinggalan sedangkan Indonesia tidak mengendurkan serangan. Indonesia memasukkan Saddil Ramdani pada menit ke-59 menggantikan Egy Maulana Vikri yang cedera.

Baca Juga: Witan Buang Peluang Emas, Babak I Indonesia vs Thailand Berakhir 0-0

Petaka datang bagi Thailand ketika Sanrawat Dechmitr  dikartu merah pada menit ke-62 karena melanggar Saddil Ramdani.

Meski bermain dengan 10 orang, Thailand beberapa kali memberikan ancaman seperti melalui Ekanit Panya pada menit ke-68. Namun tendangan dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran dan berbuah sepak pojok.

Yakob Sayuri memiliki kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-74. Sayang tendangan volinya masih melebar tipis di kanan gawang Thailand.

Baca Juga: Link Live Streaming Piala AFF 2022 Indonesia vs Thailand Kick-off 16.30 WIB

Thailand mengubah strategi dengan memasukkan pemain anyar pada menit ke-73 di mana Adisak Kraisorn menggantikan Teerasil Dangda. Sementara Indonesia memasukkan Muhammad Rafli menggantikan Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya menempati posisi Rachmat Irianto.

Pada menit ke-79 Indonesia dikejutkan dengan gol Thailand yang diciptakan Sarach Yooyen. Gol itu lahir dari tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti seusai mendapatkan umpan Bordin Phala.

Thailand kemudian melakukan pergantian pemain pada menit ke-82. Peeradol Chamrasamee masuk menggantikan Bordin Phala.

Baca Juga: Bung Towel Ungkap Ada Manuver Kudeta terhadap Ketum PSSI

Dalam kondisi imbang 1-1, Thailand menciptakan peluang pada menit ke-83 melalui pemain pengganti Adisak Kraisorn. Meski demikian peluang itu masih gagal mengubah keadaan.

Indonesia menekan Thailand pada 10 menit terakhir pertandingan. Dari berbagai upaya, usaha Marc Klok yang melepaskan tembakan kaki kanan dari sisi kotak penalti namun masih diselematkan kiper Thailand di sudut atas kanan gawang. Skor pun tidak berubah 1-1.

Sebelumnya di babak pertama Indonesia sebenarnya memiliki peluang emas pada menit ke-38 ketika Witan Sulaeman berhasil melewati kiper Thailand, Kittipong Phoothawchuek. Namun Witan yang membawa bola di sisi kanan gawang Thailand yang sudah kosong melepaskan tembakan rendah yang masih tipis melebar di kanan gawan

 

Susunan pemain Indonesia vs Thailand:

Indonesia (4-2-3-1)

Nadeo Argawinata; Asnawi Bahar, Fachrudin Aryanto, Pratama  Arhan, Jordi Amat; Marc Klok, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri, Dendy Sulistyawan, Rachmat Irianto; Yakob Sayuri, Pelatih: Shin Tae-yong.

 



Thailand (4-5-1):

Kittipong Phoothawchuek; Sasalak Haiprakhon, Pansa Hemviboon, Suphanan Bureerat, Theerathon Bunmathan; Sarach Yooyen, Bordin Phala, Kritsada Kaman, Ekanit Panya, Channarong Promsrikaew; Teerasil Dangda. Pelatih: Alexandre Polking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya