SOLOPOS.COM - Pebulu tangkis Indonesia, Hikmat Ramdani, saat menghadapi perlawanan atlet India Sunil Panwar, pada penampilan hari pertama di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023, di Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023). (Istimewa/FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah atlet unggulan Indonesia telah mengamankan tiket ke partai semifinal di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023.

Pada babak delapan besar, sejumlah pemain unggulan tim Merah Putih berhasil mengamankan tiket ke semifinal dengan mudah dalam laga yang digelar di GOR Sritex Arena, Jumat (8/9/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di nomor Ganda Campuran SL 3 – SU 5, pasangan unggulan Indonesia Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila sukses menekuk duet gado-gado Sanjeewa Perera Madduma Kaluge (Srilanka)/Matar Altaf (Suriah) dua game langsung.

Di game pertama Hikmat/Ratri menutup laga dengan keunggulan telak 21-7. Di game kedua, Madduma Kaluge/Matar Altaf berupaya memperbaiki permainan, tetapi Hikmat/Ratri lebih superior dan menuntaskan laga dengan skor 21-11.

“Pertandingan tadi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prediksi bahwa kami bisa menang dan melaju ke semifinal. Tidak jauh berbeda di laga-laga sebelumnya, kami belum mendapatkan perlawanan yang sulit diatasi,” kata atlet penyandang medali emas Ganda Putri dan Ganda Capuran SL 3 – SU 5 pada Paralimpiade Tokyo 2020.

Selanjutnya, pasangan unggulan pertama di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 tersebut akan bertemu dengan Ganda Campuran SL 3 – SU 5 asal Turki, Ilker Tuzcu/Halime Yildiz di fase semifinal. Di atas kertas kualitas Hikmat/Ratri jauh lebih baik karena berpredikat peringkat 1 dunia, sedangkan Tuzcu/Yildiz saat ini menempati peringkat 43 dunia.

Menatap babak semifinal, Hikmat berharap kondisi tubuhnya lebih prima.

Pada pertandingan SL 3 – SU 5 lainnya, pasangan Indonesia lainnya, yakni Hafizh Briliansyah Prawiranegara/Syakuroh Qonitah Ikhtiar juga menjejakkan kaki di semifinal usai mengalahkan wakil India Rahul Vimal/Charanjeet Kaur dengan 21-12, 21-7.

Hafizh/Qonitah akan perang saudara dengan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah setelah menang dari pasangan India Jagadesh Dilli/Sarumathi dengan skor 21-8, 21-11. Dengan demikian, terdapat tiga wakil Indonesia di babak semifinal yang membuka peluang besar adanya all Indonesian final di sektor tersebut.

Lalu sektor Tunggal Putra SL 4, Fredy Setiawan yang berstatus unggulan pertama di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 juga terus melanjutkan asa meraih emas dengan melenggang ke semifinal. Di babak delapan besar, Fredy mendapatkan perlawanan sengit dari wakil Singapura Ang Chee Hiong.

Pada game pertama, kejar-mengejar poin tak terelakkan hingga akhirnya Fredy mampu mengunci permainan dengan skor 21-17. Namun, di game kedua, permainan Fredy tidak stabil sehingga sempat tertinggal beberapa poin hingga pertengahan laga. Momentum kebangkitan atlet asal Solo tersebut terjadi ketika berhasil menyamakan kedudukan 15-15 sebelum akhirnya menuntaskan laga dengan kemenangan 21-16.

Di babak empat besar, Fredy akan berhadapan sesama wakil Indonesia Reksi Sudarno usai mengandaskan Sanjewa Perera Madduma Kaluge asal Sri Lanka 21-9, 21-11.

Sementara itu, pada babak perempat final di nomor Tunggal SS 6, andalan Indonesia Rina Marlina duel melawan Abdulla A Alsaif dari Kuwait. Rina yang berstatus juara bertahan di sektor ini menuai kemenangan mudah dengan hasil akhir 21-6, 21-7. “Saya tidak terlalu kesulitan di pertandingan hari ini meski lawannya laki-laki, di samping itu dia juga atlet yang tergolong baru bermain di turnamen para badminton,” ujar Rina.

Di babak semifinal, Rina akan berhadapan dengan rekan senegara, Irianti Yunia Widya. Menariknya, Rina dan Irianti merupakan pasangan di nomor Ganda Putri SS 6 yang saat ini berada di peringkat 19 dunia. Dengan hasil di babak perempat final tersebut membuat Indonesia menempatkan tiga wakilnya di semifinal setelah pemain tunggal lainnya yakni Dimas Tri Aji juga mampu menang di perempat final dengan skor 21-4, 21-10 atas pemain Bangladesh Md Eyamin Hossain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya