SOLOPOS.COM - Logo US Open.

Solopos.com, NEW YORK – Petenis Inggris Raya, Andy Murray, memang tak menyandang status sebagai unggulan pertama dalam Grand Slam US Open 2013. Meski demikian, dengan statusnya sebagai juara bertahan Murray tetap layak diperhitungkan.
Karenanya tak salah jika petenis asal Skotlandia ini tetap berada di urutan teratas dalam daftar favorit peraih gelar seri grand slam terakhir musim ini di Flushing Meadows, Miami, 26 Agustus-9 Sepetember waktu setempat,

Dilansir situs resmi US Open di usopen.org, setidaknya ada enam petenis patut diperhitungkan di US Open musim ini. Keenam petenis itu, yakni Lleyton Hewitt, Roger Federer, Juan Martin del Potro, Rafael Nadal, Novak Djokovic dan Andy Murray, pernah tampil sebagai jawara.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Namun, di antara keenamnya mungkin hanya Hewitt yang kurang difavoritkan. Petenis Australia itu dianggap mulai menurun performanya dan minim prestasi dalam beberapa musim terakhir.

Sementara kelima petenis lainnya tampil cukup solid. Di antara kelimanya diprediski bakal melaju ke babak semifinal atau lebih baik lagi, mencapai partai puncak.

Berikut para petenis yang difavoritkan menjuarai US Open

Petenis Inggris Raya, Andy Murray, merayakan keberhasilannya melaju ke semifinal Grand Slam Wimbledon 2013 dengan menumbangkan petenis Spanyol, Fernando Verdasco, dalam pertarungan sepanjang lima set, 4-6, 3-6, 6-1, 6-4, 7-5 di London, Rabu (3/6/2013) tengah malam WIB. JIBI/SOLOPOS/REUTERS/Stefan Wermuth

Petenis Inggris Raya, Andy Murray. DokJIBI/SOLOPOS/REUTERS/Stefan Wermuth

Andy Murray [Unggulan Ketiga]
Prestasi terbaik : Juara 2012
Catatan rekor : 29-7 [menang-kalah]

Murray berharap menjadi petenis pertama yang meraih trofi secara back to back sejak pemegang lima gelar US Open lima kali, Roger Feder. Ia tampil apik selama empat seri grand slam terakhir dengan selalu melaju ke babak final dan berharap tak mengulangi nasib serupa dengan Novak Djokovic maupun Rafael Nadal yang gagal merebut juara setelah musim sebelum tampil sebagai jawara. Djokovic menjadi juara pada 2011, sedang Nadal pada 2010.

Pada final tahun lalu, Murray meraih trofi US Open, yang juga menjadi gelar grand slam pertamanya setelah mengalahkan Djokovic dalam pertarungan epic selama lima set. Namun, di US Open kali ini pertarungan Murray dan Djokovic kemungkinan tak akan tersaji di final, setelah Djokovic menempati seeded pertama, sedang Murray di unggulan ketiga.

 

 

Novak Djokovic menempati unggulan teratas di Grand Slam AS Terbuka. DokJIBI/Solopos/Reuters

Novak Djokovic . DokJIBI/Solopos/Reuters

Novak Djokovic [Unggulan Pertama]
Prestasi terbaik : Juara 2011
Catatan rekor : 39-7

Djokovic tak hanya difavoritkan tampil sebagai juara. Ia juga diharapkan mampu memberikan penampilan mengesankan seperti yang disuguhkannya dalam beberapa pertarungan klasik, selama lima set di beberapa seri grand slam, yakni semifinal US Open 2011 melawan Federer, final US Open 2012 melawan Murray, final Australia Open 2012 dan semifinal France Open melawam Nadal, serta semifinal Wimbledon kontra Juan Martin del Porto.

Dalam 17 kali penampilan terakhirnya di berbagai ajang, Djokovic selalu melaju ke   perempat final atau lebih baik. Karenanya tak salah jika petenis asal Serbia ini menjadi salah satu favorit juara.

 

 

Petenis Spanyol Rafael Nadal melakukan smas ke arah Roger Federer yang dikalahkannya di perempatfinalCincinnati Masters, Sabtu pagi (JIBI/Reuters/John Sommers II)

Rafael Nadal. DokJIBI/Solopos/Reuters

Rafael Nadal [Unggulan Kedua]
Prestasi terbaik : Juara 2010
Catatan rekor : 34-8

Memenangi tiga seri di ATP Master secara beruntun, dalam kurun beberapa pekan terakhir, yakni Indian Wells, Montreal dan Cincinnati, membuktikan kemampuan Nadal tampil di lapangan keras masih layak diperhitungkan. Nadal juga ingin menebus dosa setelah di grand slam sebelumnya, Wimbledon, tersingkir prematur di babak kedua. Nadal diprediksi akan menghadapi tantangan sengit saat tampil di perempat final melawan Federer.

 

 

 

 

 

Roger Federer (Reuters)

Roger Federer (Reuters)

Roger Federer [Unggulan Ketujuh]
Prestasi terbaik : Juara sejak 2004-2008
Catatan rekor : 64-8

Roger Federer masih menjadi petenis yang memiliki catatan presentase kemenangan terbaik di Flushing Meadows sejak era terbuka dengan 88,9 persen. Meski pun saat ini, ia tampil dengan predikat unggulan ketujuh setelah ranking dunianya tercecer, petenis berjuluk FedEx ini tak bisa dianggap remeh.

Menempati seeded ketujuh merupakan catatan terburuk Federer sejak tampil di US Open 2012. Saat itu, petenis Swiss ini mengawali kiprahnya dengan status unggulan ke-13.



AJuan Martin del Potro [Unggulan Keenam]
Penampilan terbaik : Juara 2009
Catatan rekor : 19-5

Gagal mencapai final Wimbledon 2013, medio Juli lalu, setelah kalah dalam duel lima set dengan Djokovic membuat Juan Martin del Potro dianggap mulai kembali menemukan performa terbaiknya. Karenanya tak jarang yang memprediksikan Delpo, sapaan Del Potro, mampu kembali mengulang pencapaiannya di 2009, saat menghentikan dominasi Federer sebagai juara.

Musim lalu, Delpo tampil kurang impresif. Petenis Argentina itu terhenti di perempat final oleh petenis tuan rumah yang saat ini telah gantung raket, Andy Roddick.

 

 

Tomas Berdych . DokJIBI/Solopos/Reuters

Tomas Berdych . DokJIBI/Solopos/Reuters

Tomas Berdych [Unggulan Kelima]
Prestasi terbaik : Semifinal 2012
Catatan rekor : 21-10

Tomas Berdych tampil cukup mengesankan di US Open musim lalu. Ia mengalahkan Federer di Artur Ashe Stadium untuk menantang Murray di semifinal. Sayang di semifinal, petenis Republik Cheska ini takluk dari Murray, yang kemudian menjadi juara.



Namun, kali ini Berdych diprediksi akan lebih bersinar. Terlebih, ranking lima dunia ini memiliki modal apik di lapangan keras setelah sepekan sebelumnya menumbangkan Murray di perempat final Cinncinati Masters 2013 secara straight set.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya