SOLOPOS.COM - Legenda MotoGP, Valentino Rossi. (Instagram/@valeyellow46).

Solopos.com, JAKARTA–Legenda MotoGP Valentino Rossi akan beralih ke roda empat untuk mengikuti kejuaraan dunia ketahanan (endurance) FIA World Endurance Championship (WEC) 2024.

Dilansir AFP yang dikutip Antara, Selasa (28/11/2023), juara dunia MotoGP tujuh kali itu akan membalap bersama tim WRT Belgia dengan mengendarai salah satu dari 18 mobil yang masuk di kelas LMGT3, menggantikan kategori LMGTE Am.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Pembalap yang kini telah menginjak usia 44 tahun tersebut diperkirakan akan mengambil bagian dalam balapan endurance Le Mans 24 Jam yang legendaris pada 15-16 Juni, setelah mencicipinya dengan memenangkan supporting race untuk tim WRT di sirkuit Sarthe, Prancis, tahun ini.

Perusahaan Belgia yang didirikan bersama oleh mantan pembalap Vincent Vosse itu pun akan berpartisipasi di kelas Hypercar pada 2024 dengan dua BMW M Hybrid V8 dan di LMGT3 dengan M4 GT3 kedua.

“Saya sudah akrab dengan mobil setelah musim ini, namun format dengan tiga pembalap dari tiga kategori performa berbeda akan menjadi hal baru bagi saya,” kata Rossi dikutip dari Antara.

Sementara itu, identitas untuk rekan-rekan satu timnya pada 2024 belum dibocorkan.

Di sisi lain, Robert Kubica dari Polandia masuk dalam daftar peserta kelas premier Hypercar.

Mantan pembalap Formula 1 yang dinobatkan sebagai juara dunia endurance 2023 kategori under LMP2 itu akan mengendarai mobil Ferrari pribadinya.

Lebih lanjut, pembalap Jerman Mick Schumacher, putra mantan legenda Formula 1 Michael Schumacher, akan melakukan debut endurace-nya di kategori utama bersama Alpine.

Secara total, sebanyak 14 pabrikan akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini, termasuk sembilan di Hypercar, yang merupakan sebuah rekor dalam sejarah WEC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya