SOLOPOS.COM - Robin van Persie (kedua kanan) merayakan golnya untuk Belanda ke gawang Rumania pada Pra Piala Dunia 2014 di Amsterdam, Rabu (27/3/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Robin van Persie (kedua kanan) merayakan golnya untuk Belanda ke gawang Rumania pada Pra Piala Dunia 2014 di Amsterdam, Rabu (27/3/2013) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

AMSTERDAM-Ketajaman Robin van Persie (RvP) bersama Tim Orange mengantar bintang Manchester United itu kepada rekor 34 gol sekaligus melampaui catatan legenda hidup Belanda, Johan Cruyff, yang mengoleksi 33 gol.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Van Persie melanjutkan kontribusi pentingnya dengan melesakkan dua gol untuk mengantar Belanda menang 4-0 atas Rumania di Amsterdam Arena, Rabu (27/3) dini hari WIB. Kedua tim kembali dipertemukan di laga kualifikasi Piala Dunia 2014 setelah dalam pertemuan pertama di Bucuresti, Oktober 2012 silam, Belanda juga menang 4-1.

Dua gol Van Persie dalam pertandingan terakhir seluruhnya diciptakan di babak kedua dengan satu di antaranya datang dari titik putih. Dengan rekor golnya saat ini, striker 29 tahun itu praktis hanya tertinggal enam gol dari Patrick Kluivert yang mengoleksi 40 gol.

Namun selain eks bintang Arsenal itu, Klass Jan Huntelaar juga memiliki catatan 34 gol dalam balutan seragam timnas. Huntelaar yang kini merumput di Schalke 04 bersaing mengejar rekor gol Kluivert sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Belanda.

Van Persie memulai debutnya bersama tim Orange dalam laga kualifikasi Piala Dunia melawan Rumania, 2005 silam. Eks striker Ajax Amsterdam itu membukukan gol pertamanya bagi Timnas Belanda dalam laga kontra Republik Irlandia, Agustus 2006.

“Itu [gol] terjadi sangat cepat. Dia [Arjen Robben] memberikan bola dengan sangat baik dan aku hanya menyambutnya dari sudut di mana aku berada,” ungkap Van Persie mengomentari gol pertamanya ke gawang Rumania, seperti dilansir Today Online.

Setelah tamabahan dua golnya di laga terakhir, Van Persie total mengemas lima gol di enam laga kualifikasi Piala Dunia 2014 di Grup D zona Eropa. Sebelumnya pemain bersangkutan juga menyumbangkan satu gol di laga kontra Estonia, Sabtu (23/3) lalu.

Tak hanya tajam bersama timnas, Van Persie tak kalah moncer bersama klubnya. RvP total telah mengemas 19 gol dalam 29 pertandingan Liga Premier musim ini. Jumlah itu hanya kalah dari striker Liverpool, Luis Suarez, yang mengemas 22 gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya