SOLOPOS.COM - Ilustrasi Liga 1 Indonesia. (Istimewa/ligaindonesiabaru.com).

Solopos.com, SOLOVideo assistant referee atau VAR dalam sepak bola diulas di tulisan ini.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan bakal menggunakan teknologi VAR dalam kompetisi sepak bola di Tanah Air, yakni Liga 1 musim depan.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

VAR mulai digunakan pada putaran kedua musim depan awal 2024 mendatang. Liga 1 putara pertama resmi dimulai pada 1 Juli 2023 mendatang.

Ketentuan tersebut tertuang dalam surat PT LIB bernomor 209/LIB-COR/V/2023. PT LIB telah mengirimkan surat itu kepada semua klub peserta BRI Liga 1 2023/2024.

Untuk mendukung implementasi VAR di setiap stadion, LIB meminta klub mempersiapkan beberapa hal:
-Menaikkan kekuatan pencahayaan stadion menjadi minimal 1200 lux.
-Secara progresif, mulai memperbaharui teknologi pencahayaan dengan penggunaan lampu jenis LED.
-Menggunakan LED board dalam implemetasi komersial di perimeter stadion.

VAR sudah digunakan di liga-liga besar di dunia, seperti Liga Inggris, Liga Italia, dan lainnya. Di Asia Tenggara, liga yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Thailand dan Singapura.

Lalu apakah VAR itu sebenarnya dan bagaimana cara kerjanya jika diterapkan dalam sepak bola? Ini penjelasannya.

Dikutip dari laman Brazilian Soccer Schools (BSS), sebuah sekolah sepak bola (SSB) di Jakarta, bssindonesiaco.id, Jumat (26/5/2023), VAR adalah teknologi video yang digunakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan selama pertandingan sepak bola.

Penggunaan VAR melibatkan empat orang asisten wasit yang ditempatkan di ruang kontrol, meninjau kembali situasi yang dianggap kontroversial, dan memberikan saran kepada wasit utama di lapangan tentang keputusan yang harus diambil. Keputusan akhir tetap ada di tangan wasit utama.

Kehadiran VAR yang pertama digunakan dalam sepak bola pada 2018 mengubah aturan pakem yang digunakan sebagai pedoman sebelumnya.

Pada masa lalu, wasit memberi keputusan tanpa bantuan teknologi apa pun. Wasit mengambil keputusan secara mandiri atau berdiskusi terlebih dahulu dengan hakim garis atau perangkat lain yang sah.

Tak jarang keputusan yang diambil wasit dianggap salah sehingga ada pihak yang merasa dirugikan. Sebab, keputusan wasit sudah tidak dapat diganggu gugat meski keliru sekalipun.

Namun, sejak diterapkannya VAR dalam sepak bola semuanya berubah. Penggunaan teknologi ini memungkinkan wasit untuk mengambil keputusan yang lebih akurat dan adil, mengurangi kesalahan manusia dalam pengambilan keputusan.

Penggunaan VAR membutuhkan perangkat canggih untuk menghasilkan video yang bagus. Bahkan, penerangan stadion juga berpengaruh.

Cara Kerja VAR

Proses penggunaan VAR dalam sepak bola dimulai ketika asisten wasit melihat situasi yang dianggap kontroversial atau jika wasit utama meminta bantuannya.

Asisten wasit kemudian meninjau kembali situasi dengan menggunakan teknologi video dan memberikan saran kepada wasit utama tentang keputusan yang harus diambil. Wasit utama kemudian mengambil keputusan akhir setelah mempertimbangkan saran yang diberikan oleh asisten wasit.

Wasit utama juga dapat melihat secara langsung video yang merekam peristiwa tertentu yang dianggap kontroversial. Video dikirimkan asisten VAR yang bekerja di ruangan kontrol. Setelah itu wasit utama mengambil keputusan sesuai peristiwa yang terekam video.

Keuntungan Penggunaan VAR

Penggunaan VAR dalam sepak bola telah memberikan banyak keuntungan. VAR membantu wasit untuk mengambil keputusan yang lebih adil dan akurat karena mampu mengurangi kesalahan manusia dalam pengambilan keputusan.

VAR juga dapat mencegah kecurangan dalam sepak bola, seperti tindakan diving atau mengelabui wasit. Penggunaan teknologi ini juga membantu menjaga integritas olahraga dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua tim.

Kerugian Penggunaan VAR

Ada beberapa kerugian yang harus diperhatikan dalam penggunaan VAR dalam sepak bola. Penggunaan VAR dapat memakan waktu, terutama jika situasi yang diperiksa sangat kontroversial.

Beberapa penggemar merasa penggunaan VAR mengurangi dinamika permainan dan mengubah esensi dalam sepak bola.



Kontroversi Tetap Ada

Meskipun tujuan dari penggunaan VAR adalah untuk mengurangi kesalahan manusia dan menjaga integritas olahraga, penggunaannya tidak selalu tanpa kontroversi. Ada beberapa situasi di mana penggunaan VAR masih diperdebatkan.

Meski VAR membantu wasit untuk mengambil keputusan yang lebih akurat, beberapa situasi masih sangat subjektif dan dapat menimbulkan debat.

Asisten wasit di ruang kontrol dapat memberikan pengaruh besar pada keputusan wasit utama yang dapat menimbulkan kekhawatiran tentang keadilan dan kebijakan wasit.

Seperti halnya teknologi lainnya, VAR juga bisa mengalami kesalahan teknis. Ini dapat menyebabkan keputusan yang salah dan memengaruhi hasil pertandingan.

Walau tidak sempurna, penggunaan VAR dalam sepak bola telah terbukti dapat mengurangi kesalahan manusia dalam pengambilan keputusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya