SOLOPOS.COM - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mendekati pemain Singapura, Faris Ramli saat laga leg kedua semifinal Piala AFF, Sabtu (25/12/2021). (Youtube)

Solopos.com, SINGAPURA – Laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020, antara Indonesia melawan Singapura di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam tadi berlangsung sengit dan dramatis.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF 2020 setelah menang 4-2 atas Singapura yang di ujung laga terpaksa bermain hanya dengan 8 pemain.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Banyak momen yang jadi sorotan dalam laga tersebut salah satunya, ekspresi lucu pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam saat merespons pemain Timnas Singapura yang gagal mengekseskusi penalti.

Pasukan Merah Putih unggul lebih dulu melalui Ezra Walian (11’). Singapura asuhan Tatsuma Toshida berhasil menyamakan lewat sepakan Song Ui-young pada menit ke-45.

Baca Juga: Taklukkan 8 Pemain Singapura, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

Singapura bermain dengan sembilan pemain setelah Safiwan Baharudin dan Irfan Fandi diusir wasit. Meski demikian The Lions justru berbalik unggul melalui tendangan bebas Shahdan Sulaiman (74’).

Unggul jumlah pemain membuat Timnas Indonesia menggempur pertahanan Singapura. Pratama Arhan mampu mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-87.

Namun, Pratama melakukan pelanggara di kotak terlarang pada menit 90+1. Faris Ramli maju sebagai algojo untuk berhadapan dengan Nadeo Argawinata di bawah mistar.

Baca Juga: Diwarnai Kartu Merah, Indonesia vs Singapura 1-1 di Babak Pertama

Penalti Gagal

Kiper Indonesia, Nadeo Arga Winata, berhasil memblok tendangan penalti krusial Singapura. Andai penalti itu berhasil diselesaikan, kemungkinan besar hasil pertandingan akan berbeda.

Melihat eksekusi Faris Ramli gagal, serta merta kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mendekati sang pemain Singapura tersebut.

Asnawi yang berada di garis kotak penalti, langsung mendekati Faris sambil berkata “Thank You, Thank You,” di depan sang pemain.

Baca Juga: Semifinal Liga 2: Persis Solo Harus Waspadai Dewa United

Seperti dilansir okezone, aksi Asnawi ini mengingatkan aksi tak simpatik Martin Keown, kapten Arsenal yang pernah melakukan hal ikonik, saat melawan Manchester United.

Komentar Asnawi tersebut mungkin perwujudan dari rasa terima kasihnya karena Indonesia terhindar dari kekalahan.

Seandainya oenalti itu masuk, maka Timnas Indonesia tertinggal 3-2, dan bisa jadi akan sulit mengejar, mengingat waktu tersisa 3 menit saja, dan Singapura dipastikan akan bertahan total, serta melakukan strategi mengulur waktu.

Aksi tak biasa Asnawi langsung menjadi sasaran empuk netizen yang menjadikannya meme di media sosial. Salah satunya meme yang menggambarkan Faris Ramli seolah kehilangan karcis parkir dan ditanya oleh Aswani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya