SOLOPOS.COM - Peristiwa saat pemain Vietnam menyikut pemain Indonesia pada laga final Piala AFF U-23 di Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam. (Tangkapan layar video di Twitter).

Solopos.com, SOLO–Video yang merekam peristiwa sikutan horor pemain Vietnam kepada pemain Indonesia pada laga final Piala AFF U-23 2023 di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam, viral di media sosial.

Pada laga itu timnas U-23 Indonesia harus menerima kenyataan pahit gagal menjadi juara Piala AFF U-23 2023 setelah kalah adu penalti dengan skor 0 (5)-0 (6).

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Pantauan Solopos.com, Minggu (27/8/2023), terdapat sejumlah akun Twitter dan Instagram yang mengunggah peristiwa pemain Vietnam nomor punggung 20 Nguyen Hong Phuec melakukan sikutan horor ke kepala Mohammad Haykal.

Video itu merupakan tayangan lambat saat Haykal berusaha merebut bola di dekat garis tepi lapangan. Nguyen menendang bola dengan keras sambil melompat menghindari Haykal yang mengadang.

Saat berada di udara, Nguyen menyikut kepala Haykal dengan tangan kanannya. Haykal langsung tersungkur sembari memegangi kepalanya. Sementara, Nguyen berlalu seolah tak terjadi apa-apa.

Pada pertandingan itu, wasit tak memberi keputusan apa pun atas peristiwa tersebut. Hal itu membuat banyak pihak menyesalkan keputusan wasit yang tak memberi kartu merah kepada pemain Vietnam yang melakukan sikutan horor tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by TIMNAS INDONESIA | GARUDA ? (@timnasindonesiainfo)


Warganet ramai mengecam tindakan itu. Tak hanya kepada pelaku, respons negatif warganet juga ditujukan kepada wasit yang tak memberi keputusan apa pun atas peristiwa itu.

Salah satu warganet yang mengunggah video itu pengguna akun Twitter @mynanonkorapat. Video itu direspons puluhan warganet. “Segitunya pengen juara, terlihat bodoh banget ini pemain Vietnam,” tulis pengguna akun @wuriihannd.

Pengguna akun @jasmineatl28 menyindir wasit yang tak memberi keputusan apa pun kepada pemain Vietnam yang melakukan tindakan keras itu. “kan wasit sayang vietnam…. indonesia kan anak tiri…. shipal emang,” tulis dia.

Video juga diunggah pengguna akun Instagram timnasindonesiainfo. “Aksi pemain Vietnam Nguyen Hong Phuec saat dengan sengaja menyikut Haykal. Phuec tidak meminta maaf dan aksi ini luput dari mata wasit sehingga tidak mendapat kartu. Itu siku jelas-jelas diayunkan,” tulis pengguna aakun tersebut di unggahan video.

Bahkan, video itu hingga Minggu siang mendapat 1.046 komentar yang mayoritas memberi respons negatif terhadap pemain Vietnam dan kinerja wasit pada laga puncak ajang level Asia Tenggara itu.

“Kesini gara” lihat mainnya kasar smpe pemain indonesia di sikut, tapi matanya wasit ngantuk apa kgk ada, padahal bisa kena kartu merah,” tulis pengguna akun nurafifah_ks12.

Ada juga pengguna akun yang menge-tag akun Intagram @phucbo_21 yang diduga merupakan akun Instagram pemain Vietnam yang melakukan tindakan tak sportif itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya