SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia keluar sebagai juara bola voli putra SEA Games 2023 setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 3-0, Senin (8/5/2023) malam WIB. (Instagram/pbvsi_official)

Solopos.com, SOLO–Timnas bola voli putra Indonesia akan mengikuti empat event level Asia dan Asia Tenggara hingga akhir tahun ini.

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) menyiapkan dua tim mengingat ada agenda yang berdekatan. Tim 1 akan bermain di event level Asia, sedangkan tim 2 bakal bermain di level Asia Tenggara.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Dikutip dari akun Instagram resmi media ofisial PBVSI, @volinewsid, Selasa (4/7/2023), ada tiga event level Asia yang akan diikuti tim 1 meliputi Asia Volleyball Championship (AVC) Challenge Cup, Asian Men’s Volleyball Champions 2023 atau Asian Senior Men’s, dan Asian Games.

Sementara, tim 2 bakal mengikuti satu agenda internasional level Asia Tenggara yakni 1st SEAVA Grand Prix for Men’s. Tim 2 tersebut mayoritas berisi pemain klub LavAni.

PBVSI membentuk dua tim lantaran kejuaraan AVC Challenge Cup yang digelar di Taiwan, 8-15 Juli 2023 berdekatan dengan ajang SEAVA Grand Prix for Men’s yang digelar di Padepokan Voli Sentul, Bogor pada 21-23 Juli 2023.

Putaran kedua SEAVA Grand Prix bakal dilaksanakan di Manila, Filipina, 28-30 Juli 2023.

Setelah AVC Challenge Cup, tim 1 bakal mengikuti Asian Men’s Volleyball Champions di Urmia, Iran, 19-26 Agustus 2023.

Terakhir, timnas voli putra Indonesia 2 mengikuti Asian Games 2022 di Hangzhou, China pada 23 September-8 Oktober 2023.

PBVSI menjelaskan tentang masing-masing kejuaraan tersebut.

AVC Challenge Cup

AVC Challenge Cup merupakan ajang yang digelar Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) untuk menuju Volleyball Nations League (VNL). Juara AVC Challenge Cup akan bertarung dengan tujuh negara lainnya pada kejuaraan Federation Internationale de Volleyball (FIVB) Challenge.

Dari delapan negara itu, hanya satu yang akan bertanding di VNL tahun depan menggantikan satu tim yang terdegradasi VNL tahun ini. Namun, satu tim terdegradasi VNL tahun ini masih akan bertarung di FIVB Challenge.

Kontestan atau format FIVB Challenge:

  1. CEV-Tuki
  2. CSV-Turki
  3. NORCECA-Republik Dominika
  4. HOST -Qatar
  5. CAVB-Tunisia
  6. CEV-Ukraina
  7. AVC-(masih akan berlangsung)
  8. VNL degradation

Asian Men’s Volleyball Champions 2023 atau Asian Senior Men’s

Turnamen bola voli internasional dua tahunan yang diselenggarakan AVC dengan Federasi Bola Voli Republik Islam Iran (IRIVF).

Asian Games

Ajang multiolahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali dengan peserta atlet dari Asia. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Dewan Olimpiade Asia.

SEAVA Grand Prix for Men’s

SEAVA Grand Prix merupakan turnamen bola voli khusus kelompok putra dalam lingkup Asia Tenggara atau ASEAN. Turnamen dengan format serupa untuk putri sudah lebih dulu bergulir sejak 2017 lalu dengan nama ASEAN Grand Prix.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya