SOLOPOS.COM - Para pemain Arsenal menunjukkan kekecewaan setelah dipastikan tersingkir dari Liga Champions. Kendati menang 2-0 atas Bayern Munich pada leg kedua di Allianz Arena, Kamis (14/3/2013), Arsenal tetap tersingkir setelah kalah gol tandang dari Bayern dengan agregat 3-3. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Para pemain Arsenal menunjukkan kekecewaan setelah dipastikan tersingkir dari Liga Champions. Kendati menang 2-0 atas Bayern Munich pada leg kedua di Allianz Arena, Kamis (14/3/2013), Arsenal tetap tersingkir setelah kalah gol tandang dari Bayern dengan agregat 3-3. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MUNICH—Manajer Arsenal, Arsene Wenger, memperingatkan sepak bola Inggris untuk bangun setelah tersingkirnya Arsenal dari Liga Champions yang memastikan tidak ada wakil Liga Premier di kompetisi ini.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Arsenal mengikuti jejak Manchester United terlempar dari babak 16 besar Liga Champions, sementara Chelsea dan Manchester City sudah tersingkir lebih dini di penyisihan grup. Wenger meyakini kesulitan tim Inggris menempatkan wakil di perempat final bukan suatu kebetulan dan yakin tim-tim Inggris harus belajar dari kegagalan di musim ini.

“Ini sebuah kekecewaan yang sangat besar bagi sepak bola Inggris. Selama bertahun-tahun kami tidak pernah mengalami itu. Saya pikir ini sebuah peringatan keras bagi kami untuk bangkit,” ujar Wenger dilansir Foxsportsasia, Kamis (14/3).

“Ini berarti tim lain di Eropa sudah mengejar kami. Kami harus melihat itu sebagai bahan pertimbangan ketika kami berpikir mengenai masa depan Liga Premier,” imbuh manajer berkebangsaan Prancis tersebut.

Terlemparnya Arsenal dari babak 16 besar berarti tidak ada wakil Inggris di perempat final Liga Champions untuk kali pertama sejak 1995/1996. Pelatih Bayern Munich, Jupp Heynckes, menyebut saat ini tidak ada kekuatan utama di sepak bola Eropa.

“Gap antara Bundesliga dan Liga Premier [Inggris] tidak sebesar yang diperkirakan. Tim-tim Inggris mendapatkan undian yang tidak menguntungkan dengan Manchester United melawan Real Madrid dan Arsenal dengan kami. Namun Arsenal akan kembali lagi [ke Liga Champions],” ujar Heynckes.

Meski gagal lolos ke perempat final, Arsenal setidaknya memberi diri mereka sebuah kesempatan. Merefleksi kesuksesan Arsenal menggebuk Bayern dengan skor 2-0 di Allianz Arena, Wenger mengatakan: “Tentu saja kami sangat bangga dengan performa tim.”

“Saya pikir ada ruang untuk mencetak [gol ketiga] dan ketika Anda melihat pertandingan malam ini Anda sangat menyesali pertandingan pertama kami,” imbuh Wenger.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya