SOLOPOS.COM - Andy Murray memegang trofi Wimbledon di samping patung legenda tenis Inggris Raya, Fred Perry, di Wimbledon, barat daya London, Senin (8/7/2013). Murray baru saja menjadi juara Wimbledon setelah di final menundukkan Novak Djokovic. JIBI/Solopos/Reuters

Andy Murray memegang trofi Wimbledon di samping patung legenda tenis Inggris Raya, Fred Perry, di Wimbledon, barat daya London, Senin (8/7/2013). Murray baru saja menjadi juara Wimbledon setelah di final menundukkan Novak Djokovic. JIBI/Solopos/Reuters

Andy Murray memegang trofi Wimbledon di samping patung legenda tenis Inggris Raya, Fred Perry, di Wimbledon, barat daya London, Senin (8/7/2013). Murray baru saja menjadi juara Wimbledon setelah di final menundukkan Novak Djokovic, Minggu (7/7/2013). JIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LONDON – Kesuksesan Andy Murray merebut gelar juara Wimbledon 2013 disambut suka cita masyarakat Inggris Raya. Muncul wacana petenis kelahiran Skotlandia ini untuk dianugerahi gelar kebangsawanan sebagai ksatria atau Sir.

Murray merebut gelar Wimbledon seusai menaklukan unggulan teratas sekaligus ranking satu dunia, Novak Djokovic, secara straight set di Center Court All England Tennis Lawn Club, London, Minggu (7/7/2013) malam WIB.

Ini merupakan gelar grand slam kedua Murray dan juga yang pertama di event Wimbledon. Kemenangan Murray ini juga membuat penantian masyarakat Inggris Raya akan hadirnya juara di Wimbledon selama 77 tahun tersudahi. Sebelum Murray, petenis Inggris Raya terakhir yang menjuarai Wimbledon adalah Fred Perry pada 1936.

Sontak, kemenangan Murray pun disambut bahagia publik Inggris raya. Karenanya, tak heran mulai muncul wacana untuk memberi gelar petenis 26 tahun ini gelar.

Adalah Perdana Menteri Inggris, David Cameron, yang menyatakan bahwa pahlawan Wimbledon, Andy Murray, pantas menjadi seorang ksatria.

“[Gelar] kehormatan memang diputuskan secara independen, tapi, terus terang, saya tak bisa memikirkan seseorang yang lebih layak,” ujar Cameron di The Sun.

“Ini adalah hari yang fantastis untuk Andy Murray, untuk tenis Inggris dan untuk Inggris Raya,” imbuhnya.

“Saya rasa dia telah mengangkat semangat seluruh negeri. Kami mengatakan kemarin pagi ‘Apakah kami berani berani bermimpi bahwa ini mungkin?’ dan dia membuktikan bahwa itu benar-benar bisa.”

Selain Cameron, ucapan selamat kepada Andy juga berdatangan dari dua pesohor sepak bola yang telah pensiun, David Beckham dan Sir Alex Ferguson. Beckham dan Ferguson yang memberikan dukungan Murray secara langsung, menunjukkan rasa terima kasihnya kepada Murray dan mengucapkan selamat atas prestasi bersejarahnya.

Murray mengaku seusai menjuarai Wimbledon ia banjir ucapan selamat, salah satunya dari Ferguson. Selain, Beckham dan Ferguson, Murray juga mendapat ucapan selamat dari Ratu Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya