SOLOPOS.COM - Novak Djokovic (kiri) merangkul lawannya, Juan Martin del Potro, sesuai memenangi duel semifinal Wimbledon 2013 di London, Jumat (5/7/2013) tengah malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters/Stefan Wermuth

Novak Djokovic (kiri) merangkul lawannya, Juan Martin del Potro, sesuai memenangi duel semifinal Wimbledon 2013 di London, Jumat (5/7/2013) tengah malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters/Stefan Wermuth

Solopos.com, LONDON –Unggulan teratas sekaligus ranking satu dunia, Novak Djokovic, untuk kedua kalinya memastikan langkahnya ke final Grand Slam Wimbledon. The Joker, julukan Djokovic, kembali ke final setelah melewati duel panjang dalam sejarah semifinal Wimbledon dengan mengalahkan petenis Argentina, Juan Martin del Potro, 7-5, 4-6, 7(7)-6(2), 6(6)-7(8), 6-3.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Pertarungan antara Djokovic dan Delpo, sapaan Delpotro, di Center Court All England Lawn Tennis and Croquet Club, Jumat (5/7/2013) tengah malam WIB ini berlangsung ekstra ketat. Duel ini berlangsung selama empat jam lebih 43 menit, menjadi rekor pertarungan semifinal terpanjang dalam sejarah Wimbledon. Sebelumnya duel semifinal terpanjang dipegang oleh pertarungan antara Boris Becker dan Ivan Ledl pada Wimbledon 1989, dengan catatan waktu empat jam lebih satu menit.

Menghadapi Delpo, Djokovic tampil agresif sejak awal. Kendati demikian, hal itu tak berlangsung mudah karena Delpo juga atraktif dan pantang menyerah.

Pada set pertama, Djokovic mampu menang dengan skor 7-5. Namun, di set kedua Delpo mampu menyamakan kedudukan setelah unggul 4-6.

Di set ketiga, Djokovic kembali memimpin setelah memenangi pertarungan dengan skor 7-6 tie break 7-2. Akan tetapi, lagi-lagi Delpo mampu membalas ketertinggalannya di set keempat dengan skor 7-6 tie break 8-6.

Pada set keempat, stamina kedua petenis papan atas ini mulai terlihat mengendur. Namun, Djokovic membuktikan kapasitasnya serta staminanya yang bugar hingga menit akhir.

Meski sempat kehilangan fokus dengan melakukan unforced errors berulang kali, toh juara Wimbledon 2011 ini akhirnya menghentikan langkah Delpo, yang mulai kelelahan dengan skor 6-3.

Kemenangan ini membuat Joker menapaki final Wimbledon untuk kedua kalinya. Kali pertama petenis Serbia ini ke final adalah tahun 2011 lalu, yang akhirnya mampu membawanya tampil sebagai jawara dengan mengalahkan Rafael Nadal asal Spanyol.

Sementara bagi Delpo, kekalahan ini membuatnya gagal menyamai prestasi pendahulunya, David Nalbandian, yang menjadi petenis Argentina pertama lolos ke final Wimbledon pada 2002 lalu.

Melaju ke final, Djokovic akan menunggu pemenangan antara jagoan tuan rumah, Andy Murray, dan petenis Polandia, Jerzy Janowicz, untuk berebut trofi juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya