SOLOPOS.COM - Wolfgang Pikal (kiri) bersama anggota Tim PFA Cari Bakat 2023 memberikan instruksi bagi anak-anak yang mengikuti seleksi di Stadion Mandala Jayapura, Papua. (Atara/HO-Dokumen pribadi Papua Football Academy)

Solopos.com, JAYAPURA – Direktur Papua Football Academy, Wolfgang Pikal, menyebutkan bahwa Jayapura, masih menjadi pusat perkembangan sepak bola anak-anak di Papua.

“Dengan hadirnya PFA Cari Bakat 2023 anak-anak di Jayapura sangat antusias di mana jumlah peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 224 anak dan jumlah itu meningkat dari pada 2022 yakni 137 anak,” kata Wolfgang Pikal keterangan tertulisnya, Senin (22/5/2023).

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Terkait itu, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua dan panitia lokal di Jayapura yang sangat membantu kelancaran PFA Cari Bakat di negeri berjuluk Port Numbay itu.

Papua Football Academy (PFA) di bawah naungan PT Freeport Indonesia telah merampungkan pencarian talenta sepak bola putra Papua di Nabire dan Timika, Papua Tengah serta Jayapura.

Menurut Pikal, PFA Cari Bakat 2023 di Nabire dan Jayapura digelar secara bersamaan pada 19-21 Mei 2023 pada pukul 14.00 WIT, sementara itu di Timika telah berakhir pada 15 Mei 2023.

“Lokasi PFA Cari Bakat 2023 di Jayapura dilaksanakan di Stadion Mandala dipimpin oleh Direktur Papua Football Academy, Wolfgang Pikal dan di Nabire berlangsung di Lapangan Kodim Sapta Marga Nabire bersama pelatih kepala PFA, Ardiles Rumbiak,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk jumlah total peserta di tiga lokasi yang mengikuti seleksi yang digelar oleh PFA sebanyak 577 anak terdiri dari Nabire 180 orang, Jayapura 224 orang dan Timika sebanyak 173 orang.

PFA Cari Bakat 2023 berlangsung di tujuh lokasi yang meliputi delapan kabupaten/kota pada tiga provinsi yakni Provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Selatan di mana lokasi pencarian talenta sepak bola putra Papua yakni Timika, Jayapura, Nabire, Merauke, Waropen, Serui dan Biak Numfor.

Penasihat Papua Football Academy Rully Nere mengatakan, PFA Cari Bakat 2023 merupakan kegiatan yang sangat positif apalagi anak-anak di Jayapura begitu antusias mengikuti seleksi ini.

“Tentu hal ini dipicu dari kabar-kabar baik yang mereka dengar tentang PFA yang sudah berjalan selama satu tahun di Papua,” katanya.

Menurut Nere, kesempatan putra Papua berlatih sepak bola bersama PFA semakin besar setelah menambah empat lokasi PFA Cari Bakat dibandingkan pada sebelumnya yakni tiga lokasi

Dia menjelaskan putra Papua mempunyai potensi yang besar dalam bakat sepak bola sehingga kesempatan untuk bergabung bersama PFA jelas menjadi harapan baru yang lebih baik untuk sepak bola Papua dan Indonesia.

Pencarian bakat akan dilanjutkan di dua wilayah yakni Merauke dan Waropen pada 23-25 Mei 2023 di mana lokasi PFA Cari Bakat di Merauke akan digelar di Lapangan Universitas Musamus, Merauke sementara di Waropen akan diselenggarakan di Lapangan Budi Utomo Waren, Waropen.

Persyaratan lengkap dapat dilihat di Instagram PFA (instagram.com/papuafootballacademy) dan website Papua Football Academy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya