SOLOPOS.COM - Poster FIFA matchday Indonesia vs Argentina. (Twitter/@PSSI).

Solopos.com, SOLOTimnas Argentina akan melakoni laga persahabatan FIFA Match Day 2023 melawan Australia dan Indonesia.

Argentina sudah tiba di China beberapa waktu lalu untuk persiapan fisik menjelang pertandingan melawan timnas Australia pada 15 Juni 2023.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selanjutnya, Argentina akan merumput di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 19 Juni 2023. Ternyata dari tur Asia ini, Timnas Argentina mendapat bayaran yang nominalnya fantastis, mencapai puluhan miliar rupiah.

“Kami akan mendapat lebih dari US$6,5 juta untuk dua pertandingan persahabatan [setara Rp96,603 miliar dengan kurs Rp14.862],” ujar sebuah sumber dari Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) yang tak mau disebutkan namanya, Senin (12/6/2023).

Pendapat ini disebut belum termasuk proyek kerja sama dengan perusahaan minuman dan makanan di China.

“Sejak 2018 kami telah menggunakan strategi ekspansi global dan pasar Asia adalah yang paling berkembang. Timnas Argentina adalah pemimpin bagi segmen penonton digital di China. Margin pertumbuhan di wilayah itu sangat besar,” ucap sumber AFA.

Lantas berapa Indonesia membayar Argentina? Sebelumnya, beredar kabar juga mengenai bayaran Argentina yang datang ke Indonesia yang mencapai puluhan miliar rupiah.

“Tarif untuk satu pertandingan dengan juara dunia telah naik begitu tinggi sampai 5 juta dolar AS [sekitar Rp73 miliar) hanyalah titik awal, menurut pejabat yang mengetahui diskusi tersebut,” kata laporan dari jurnalis The New York Times, Rory Smith.

Namun hal ini tak mau dikonfirmasi secara mendalam oleh Ketua PSSI Erick Thohir di hadapan media Indonesia.

Dalam jumpa pers yang dilakukan pada Mei 2023 lalu, mantan Presiden Inter Milan itu enggan membeberkan secara rinci berapa biaya yang dikeluarkan oleh PSSI untuk mendatangkan Argentina.

“Kita jangan hiruk pikuk mengenai berapa dibayar. Emang enggak percaya sama PSSI?. Seakan-seakan PSSI tuh miskin gitu. Ini yang di depan [pengurus PSSI] ini bukan kaleng-kalengan,” ucapnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Capai Ratusan Miliar, Segini Bayaran Timnas Argentina di FIFA Match Day 2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya