SOLOPOS.COM - Masyarakat Argentina tumpah ruah pada rute parade kemenangan yang dilalui Lionel Messi dkk. untuk merayakan keberhasilan menjuarai Piala Dunia 2022. (Twitter/CONMEBOL)

Solopos.com, JAKARTA – Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) menghadiahi timnas Argentina uang senilai US$10 juta atau setara Rp155,6 miliar setelah Lionel Messi dkk. menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar.

Itu merupakan trofi Piala Dunia ketiga bagi Argentina dan kesepuluh untuk benua Amerika yang akan menjadi landasan pencalonan Amerika Selatan tuan rumah Piala Dunia 2030.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) memenangkan hadiah Rp155,6 miliar yang sudah dijanjikan oleh CONMEBOL apabila wakil dari Amerika Selatan menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar.

Argentina mengalahkan Prancis 4-2 lewat adu penalti pada Minggu (18/12/2022), setelah imbang 3-3 selama 120 menit pertandingan yang menegangkan sekaligus mengasyikkan. Itu adalah gelar Piala Dunia ketiga untuk Argentina dan kesepuluh bagi Amerika Selatan. Trofi tersebut kembali ke Amerika Selatan setelah 20 tahun dikuasai Eropa.

Trofi Piala Dunia juga akan berfungsi sebagai alasan untuk Amerika Selatan mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Baca Juga: 3 Negara Ini Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026 

Ketika terpilih menjabat kembali pada April 2022, Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez menjanjikan penghargaan khusus kepada tim Amerika Selatan yang sukses menjadi juara dunia. Tak lama setelah final yang dia hadiri sampai upacara penyerahan medali dan trofi, Dominguez menyatakan kepuasannya.

“Kita mengalami salah satu final paling menarik dalam sejarah, sentuhan akhir Piala Dunia yang tak terlupakan,” kata dia dikutip Antara, Rabu (21/12/2022).

Dia menambahkan Piala Dunia telah pulang, Argentina adalah tim yang memenuhi impian seluruh benua. “Kami sangat bangga kepada skuad ini.”

Argentina menambahkan bintang baru kepada seragamnya setelah gelar 1978 dan 1986 dan kesepuluh untuk benua itu jika ditambah dua pencapaian Uruguay pada 1930 dan 1950, serta lima pencapaian Brazil pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Baca Juga: Gaji Messi Vs Mbappe Terbaru, Nilainya Fantastis!

Kemenangan Argentina juga menjadi tonggak penting untuk memperkukuh pencalonan Amerika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada akan menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026, tetapi CONMEBOL berkeinginan kuat menjadi tuan rumah untuk memperingati seratus tahun Piala Dunia FIFA.

CONMEBOL sangat mempromosikan pencalonan bersama Uruguay, Argentina, Paraguay dan Chile sekali pun rencana ini sudah dipresentasikan pada Agustus 2022. Dominguez mengutarakan ini lebih tegas lagi bahwa Pada 2030 akan menjadi 100 tahun sejak edisi pertama Piala Dunia FIFA yang harus kembali ke asalnya.

”Kita harus menghormati ingatan mereka yang meyakini hal-hal hebat dan bertekad menyelenggarakan Piala Dunia di Amerika Selatan untuk pertama kalinya.”

Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala AFF 2022, Disiarkan Langsung!

Inisiatif 2030 berasal dari Uruguay dan Argentina, kemudian diikuti oleh Chile dan Paraguay.

Uruguay yang menjuarai dua Olimpiade berturut-turut pada 1924 dan 1928 menjuarai kejuaraan dunia pertama setelah mengalahkan Argentina 4-2 di Stadion Centenario Montevideo, yang dibangun untuk Piala Dunia itu dan kini menjadi monumen sepak bola bersejarah.

Tempat tersebut baru-baru ini ditingkatkan berkat investasi CONMEBOL dan menjadi tuan rumah final CONMEBOL Libertadores dan CONMEBOL Sudamericana pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya