SOLOPOS.COM - Ketua Panitia Piala Presiden Maruarar Sirait (kiri) dan Ketua umum PSSI, Erick Thohir, dalam jumpa pers Piala Presiden 2024 di Jakarta, Rabu (10/7/2024) malam (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Setelah sempat simpang siur, Piala Presiden 2024 akhirnya dipastikan resmi digelar sebelum bergulirnya Liga 1 2024/2025.

Tak hanya bergulir, hadiah Piala Presiden juga menggiurkan yakni mencapai Rp5 miliar.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan menggelar Piala Presiden 2024 yang akan dimulai di Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024).

Nantinya, hanya ada beberapa tim yang mengikuti gelaran Piala Presiden 2024.

Erick Thohir mengatakan, Piala Presiden 2024 akan menjadi uji coba dari beberapa regulasi baru seperti delapan pemain asing (enam di lapangan, dua cadangan), penggunaan VAR hingga kewajiban memainkan pemain Timnas Indonesia.

PSSI menggunakan wasit asing di Piala Presiden kali ini.

“Kami menyampaikan kepada Presiden, bahwa banyak sekali harapan bahwa di jeda musim kompetisi ini ada pertandingan-pertandingan yang bisa juga membuat klub-klub ini lebih siap lagi untuk pertandingan Liga 1. Di mana Liga 1 ini banyak juga perubahan yang terjadi di mana sistem VAR akan berjalan penuh lalu juga ada delapan pemain asing ditambah lagi kewajiban memainkan seluruh pemain Tim Nasional yang ada di klub masing-masing dan ditambah lagi juga kita harapkan adanya beberapa wasit asing yang akan memimpin pertandingan,” tegasnya dikutip dari siniar resmi Sekretariat Presiden, Rabu (10/7/2024).

Erick Thohir menambahkan, hadiah Piala Presiden 2024 mencapai Rp5 miliar untuk tim pemenang.

Piala Presiden, menurutnya, merupakan bentuk perwujudan aspirasi masyarakat yang sudah merindukan Liga 1.

Mantan presiden klub Inter Milan mengatakan, Presiden Joko Widodo akan hadir di laga pembuka di Bandung.

“Insya Allah pembukaan itu nanti tanggal 19 di Jawa Barat di Bandung, Bapak Presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini memperbaiki animo daripada masyarakat yang hari ini juga menunggu ada perbaikan yang ada di Liga tentu kita trial secara penuh di turnamen Piala Presiden ini,” ulasnya.

Kabar dimulainya Piala Presiden 2024, sebelumnya muncul di berbagai meda sosial.

Bahkan disebut hanya delapan tim yang akan mengikuti kejuaraan ini yaitu Bali United, Persib Bandung, Borneo FC, Persija Jakarta, Madura United, PSM Makassar/PSIS Semarang dan Persis Solo.

Bahkan dikutip dari akun X @GIBOLofficial, delapan tim itu dibagi menjadi dua grup.

Nantinya, grup pertama dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Semifinal dan final nantinya akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya