SOLOPOS.COM - Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso (Dok)

Solopos.com, SOLO — Bayer 04 Leverkusen di bawah Xabi Alonso menorehkan rekor tak pernah kalah dalam 25 pertandingan beruntun di Bundesliga setelah menang 4-0 atas VfL Bochum, Kamis (25/12/2023) dini hari WIB.

Prestasi Alonso ini seolah menjadi pembenar ramalan Jose Mourinho empat tahun lalu bahwa mantan anak asuhnya itu bakal menjadi pelatih hebat.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Leverkusen menjadi tim Jerman pertama yang berhasil mendapatkan status tak terkalahkan berturut-turut sampai 25 kali, terdiri dari 22 kali menang dan 3 kali seri.

Pada kompetisi Bundesliga pekan ke-16 ini, Leverkusen kokoh di puncak klasemen dengan catatan 13 kali kemenangan dan 3 kali seri.

Leverkusen masih unggul tipis dari sang raksasa Liga Jerman, Bayern Munchen di peringkat ke-2.

Leverkusen juga belum terkalahkan pada kompetisi lain yang diikutinya.

Pada DFB Pokal, Leverkusen masuk perempat final setelah mengalahkan SC Padeborn 07 dengan skor 3-0 pada Kamis (7/12/2023) lalu.

Sementara pada UEFA Europa League, Leverkusen sukses melenggang ke babak gugur sebagai juara Grup H, sekaligus satu-satunya tim berstatus juara grup yang mampu menyapu bersih 6 kemenangan fase grup.

Xabi Alonso pertama kali ditunjuk menangani Leverkusen pada 5 Oktober 2022.

Kala itu, Alonso menggantikan Gerardo Seoane yang dipecat karena membawa Leverkusen hampir terdegradasi.

Alonso dianggap berhasil setelah membawa klub asal kawasan Nordrhein-Westfalen itu bertengger di posisi ke-6 pada Bundesliga musim 2022/2023 dan melaju ke femifinal UEFA Europa League, sehingga kontraknya sebagai pelatih diperpanjang hingga 2026.

Sejak mengasuh Leverkusen, salah satu pemain legendaris Timnas Spanyol peraih trofi Piala Dunia 2010 ini tercatat memiliki statistik mentereng.

Tingkat kemenangan 62,9% dari total 62 pertandingan, dengan hasil seri hanya 13 kali dan kalah 10 kali.

Capaian Xabi Alonso ini seakan membenarkan ramalan Jose Mourinho dalam sebuah wawancara daring 4 tahun lalu yang kini kembali viral.

Sekadar info, Mourinho dianggap selalu punya ramalan jitu soal masa depan klub dan para pemain yang pernah diasuhnya.

Mourinho sendiri sempat melatih Alonso ketika berseragam Real Madrid.

Ketika ditanya siapa pemain yang akan moncer sebagai pelatih, Mourinho menyinggung nama Xabi Alonso.

“Saya akan mengatakan, Xabi Alonso [salah satunya]. Ayahnya adalah seorang manajer, jadi dia tumbuh seperti saya. Dia dibesarkan dari Ayah yang punya pengalaman menjadi pemain dan pelatih,” ujar Mourinho dalam sebuah wawancara dengan Top Eleven.

Pria berjuluk The Special One ini juga mencontohkan betapa bagusnya akumulasi pengalaman Xabi Alonso selama menjalani karier sebagai pemain inti Timnas Spanyol dan berlaga di beberapa klub papan atas liga-liga Eropa.

“Dia bermain di Spanyol, Inggris, dan Jerman. Dia dilatih [Pep] Guardiola di Bayern Munich, dengan saya dan [Carlo] Ancelotti di Real Madrid, dan merasakan dilatih [Rafael] Benitez di Liverpool. Jadi kalau menyatukan semua itu, saya pikir Xabi punya kondisi yang bisa membuatnya menjadi pelatih bagus,” tambah Mourinho.

Xabi Alonso memang terbukti punya prestasi mentereng selama menjadi pemain sebelum dirinya memutuskan gantung sepatu pada akhir musim 2017.

Bersama Liverpool era Benitez, Alonso merupakan salah satu pemain inti era kejayaan The Reds dengan ganjaran trofi Liga Champion 2004/2005 dan FA Cup 2005/2006.

Kemudian di Real Madrid asuhan Mourinho, Alonso meraih trofi Copa del Rey 2010/2011, La Liga musim 2011/2012, dan Supercopa Spanyol 2012.

Selama Real Madrid diasuh Ancelotti, Alonso merasakan era La Decima lewat trofi Liga Champion 2013/2014, ditambah trofi Copa del Rey 2013/2014.



Terakhir setelah bergabung dengan Bayern Munich pada Agustus 2014 di bawah kepemimpinan Pep Guardiola, Alonso merasakan tiga kali trofi Bundesliga era 2015-2017, satu kali piala DFB Pokal 2015/2016, serta satu kali piala DFL Supercup 2016.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Xabi Alonso Bawa Bayer Leverkusen Cetak Rekor, Lagi-Lagi Ramalan Mourinho Tokcer!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya