SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kedua dari kanan), beserta para pemain dan staf pelatih menyapa suporter seusai pertandingan melawan Kamboja dalam penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SEMARANG — Anggota Exco PSSI yang juga Bos PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, menyatakan tidak sepakat dengan wacana evaluasi terhadap Shin Tae-yong, atau STY, yang berujung pemecatan pelatih asal Korea Selatan itu dari kursi pelatih Timnas Indonesia.

Wacana STY dipecat atau out sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia saat ini memang tengah bergulir. Hal ini menyusul kegagalannya yang membawa Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Padahal, STY sudah cukup lama menangani Timnas Indonesia, yakni lima tahun. Namun, prestasi yang membanggakan tak juga ditorehkan skuad Garuda.

Kendati demikian, Yoyok menolak dengan tegas wacana pemecatan STY. Menurutnya, STY harus dievaluasi tapi tidak harus berujung pemecatan.

“Sebagai anggota Exco [PSSI], saya dengan tegas dan menolak kalau coach Shin Tae-yong harus mundur atau dipecat dari posisi pelatih Timnas. Memang harus ada evaluasi, namun evaluasi tidak harus dengan pemecatan atau mundur. Coach STY sudah banyak melakukan perubahan-perubahan yang berujung positif bagi Timnas,” ujar Yoyok Sukawi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/1/2023).

Shin Tae-yong dalam dua periode Piala AFF memang tidak berhasil mengantarkan Timnas menjadi juara. Di Piala AFF 2020, Pratama Arhan dkk hanya mampu menembus babak final dan takluk dari Thailand.

Sementara pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia hanya sanggup melaju hingga babak semifinal setelah takluk dari Vietnam dengan skor 0-2.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya