SOLOPOS.COM - Lalu Muhammad Zohri (Reuters-Kalle Parkkinen)

Solopos.com, JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memutuskan untuk tak menurunkan sprinter Lalu Muhammad Zohri di ajang SEA Games 2019. Zohri diminta untuk memfokuskan diri ke Olimpiade 2020.

Zohri menjadi andalan Indonesia di cabang atletik dalam beberapa waktu terakhir mengingat prestasinya yang luar biasa. Zohri pernah menjadi juara dunia U-20 dan kemudian mampu mengemas catatan waktu fantastis 10,03 detik.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Catatan itu membuatnya lolos ke kualifikasi Kejuaraan Dunia dan Olimpiade 2020 Tokyo. Namun, dia justru tak dimasukkan dalam skuad Indonesia di ajang SEA Games 2019. Zohri diminta untuk fokus persiapan ke Olimpiade 2020 ketimbang tampil di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut.

"Saya tidak kecewa (tak ikut SEA Games) karena saya mau pulang kampung," kata Zohri seperti dilansir detik.com, Rabu (20/11/2019).

"Saya izin karena [atlet] lain yang tak ikut SEA Games juga pulang kampung. Mungkin Desember sama pulang. Mereka tanggal 2 Desember berangkat, saya mungkin tanggal 5 Desember," terangnya.

Di Lombok, Zohri bilang tak sekadar silaturahmi dengan keluarga, juga ada persiapan kejuaraan nasional. "Saya persiapan Kejurnas estafet karena bang Fadlin [asisten pelatih tim estafet] juga di sana. Sekalian melihat rumah dan keluarga. Kangen," ujar dia.

Zohri mengakui awalnya dia memang menggebu-gebu untuk bisa masuk skuat SEA Games. Namun, dia menyadari ini bagian dari proses regenerasi yang dilakukan PASI. Meski Zohri juga masih termasuk atlet muda, 19 tahun.

"Dulu sih berharapnya turun ke SEA Games tapi big bos yang ngomong [Bob Hasan] ya apa [sudah tidak bisa]. Tetapi saya tetap mendukung apalagi yang turun masih muda-muda setidaknya memberikan mereka motivasi," jelas Zohri.

"Saya melihat mereka seperti tanding mentalnya belum siap. [Itu] di sini, apalagi pertandingan di SEA Games. Semoga mereka tetap fokus dan tak memikirkan lawan. Menampilkan hasil terbaik buat Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya