SOLOPOS.COM - Gol dari Marquinhos dan Eddie Nketiah memastikan Arsenal memulai kampanye Liga Europa 222/2023 dengan kemenangan 2-1 atas FC Zurich di St Gallen. (Twitter @arsenal)

Solopos.com, ZURICH—Gol dari Marquinhos dan Eddie Nketiah memastikan Arsenal memulai kampanye Liga Europa 222/2023 dengan kemenangan 2-1 atas FC Zurich di St Gallen.

Pemain Brasil itu hanya membutuhkan waktu 16 menit dari debutnya untuk mencetak gol pertamanya menyambut umpan silang Nketiah. Dia juga berperan di babak kedua ketika mengirimkan umpan untuk mengembalikan keunggulan menyusul penalti Zurich Mirlind Kryeziu sebelum turun minum.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Laga di Arena St. Gallen disela dengan mengheningkan cipta selama satu menit  dan pemain mengenakan ban hitam di lengan menyusul kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Manchester United 0-1 Real Sociedad: Awal Buruk Setan Merah

Fans Zurich membuat stadion gemuruh ketika pada menit ke-6 Aiyegun Tosin nyaris membuat tuan rumah memimpin memanfaatkan miskomunikasi antara Gabriel dan kiper Matt Turner.

Namun, 10 menit kemudian Arsenal membuat Arena St Gallen hening. Serangan balik cepat dimulai ketika Fabio Vieira melepaskan bola untuk Nketiah dan mengirimkan umpan silang yang disambut Marquinhos untuk memasukkan bola melewati Yanick Brecher.

Arsenal mendominasi babak pertama dan peluang kembali datang ketika Vieira melakukan lob ke Brecher tetapi mengenai mistar gawang. Kemudian Granit Xhaka memaksa kiper untuk melakukan penyelmatan gemilang dengan tendangan rendah.

Baca Juga: Zurich vs Arsenal: Pembuktian The Gunners di Kompetisi Eropa

Dua menit sebelum jeda, tuan rumah mendapatkan hadian tendangan penalti. Ketika terjadi kemelut di kotak penalti, Nketiah dinilai telah menjatuhkan Fidan Aliti. Wasit Mohammed Al-Hakim asal Swedia menghadiahi Zurich penalti dan Kryeziu sukses memperdayai Turner.

The Gunners terus mendominasi permainan di babak kedua dan menciptakan beberapa peluang bagus. Peluang didapatkan dari di antaranya dari Nketiah dan Tierney seusai mendapatkan umpan dari Xhaka.

Upaya Arsenal membuahkan hasil pada menit 62. Marquinhos mengakhiri debutnya yang luar biasa dengan melepaskan umpan silang ke tiang belakang untuk Nketiah. Sang striker melakukan dengan brilian untuk menanduk rendah ke tanah dan mengalahkan Brecher di depan para pendukungnya sendiri. Itu adalah gol pertama Nketiah musim ini.

Baca Juga: Jadwal Liga Europa 9 September: Menanti Kiprah Arsenal dan Manchester United

Arsenal memiliki kans memperbesar keunggulan melalui Gabriel Jesus yang masuk menggantikan Nketiah. Tuan rumah pun memiliki peluang menyamakan kedudukan melalui tandukan kepala Ivan Santini yang masih bisa diselamatkan Turner, demikian sebagaimana dilansir dari laman resmi Arsenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya