SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Jeam Kelly Sroyer (kedua kanan) bersama rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). (Antara/HO-Humas PSSI)

Solopos.com, SOLO–Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut kemenangan timnas U-23 Indonesia atas tuan rumah Thailand dengan skor 3-1 di semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis (24/8/2023) adalah capaian fantastis.

Selain memastikan diri ke babak final, hal itu lantaran Indonesia mampu dua kali beruntun mengalahkan tim yang selama ini dianggap sebagai tim terkuat di Asia Tenggara tersebut.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Kemenangan sebelumnya diraih Indonesia pada partai final SEA Games 2023, Mei lalu, dengan skor 5-2. Hasil itu memastikan Indonesia meraih medali emas setelah 32 tahun menunggu.

“Alhamdulillah. Pemain tampil baik, rakyat berdoa, dan Allah pun beri jalan,” ujar Erick dalam keterangan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com seusai pertandingan.

Mantan Presiden Inter Milan itu berterima kasih kepada pemain dan seluruh ofisial yang telah mempersiapkan laga dengan sangat baik.

“Hari ini kembali para pemain tampil habis-habisan dengan kualitas teknis dan mental yang baik. Terbukti Thailand yang selama ini sulit kita taklukkan, dua kali beruntun kita kalahkan,” imbuh Erick.

Namun lelaki yang juga Menteri BUMN itu tak mau jemawa karena masih ada satu laga final melawan Vietnam yang tak mudah. “Masih ada 90 menit plus perpanjangan jika imbang. Jadi kita akan terus berjuang hingga akhir,” ulas Erick.

Kemenangan Indonesia atas Thailand sangat spesial. Ini mengingat timnas Indonesia yang mengawali Piala AFF U-23 dengan sejumlah kendala.

Dimulai kendala saat pememanggilan pemain yang mana banyak penggawa utama timnas tak diizinkan klubnya. Masalah semakin pelik ketika Indonesia di putaran grup kalah dari Malaysia.

Meski lolos dengan predikat runner up terbaik, timnas Indonesia nyatanya tampil lepas menghadapi skuat Thailand yang tampil dengan materi terbaik. Ini ditambah kenyataan Thailand bermain di hadapan pendukungnya.

Di final, timnas sudah ditunggu Vietnam yang mengalahkan Malaysia pada babak semifinal, Kamis sore. Laga final Piala AFF U-23 2023 Indonesia vs Vietnam akan berlangsung Sabtu (26/08/2023) mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya