SOLOPOS.COM - Para pemain dan ofisial Timnas Indonesia berfoto bersama dengan latar belakang penonton seusai mengalahkan Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia Qatar 2023, Jumat (19/1/2024) malam. (the-afc.com)

Solopos.com, SOLO — Federasi sepak bola Asia, AFC, mengapresiasi kerja keras Timnas Indonesia yang berhasil mengalahkan Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia Qatar 2023, Jumat (20/1/2024) malam.

Berhasil unggul sejak babak pertama lewat gol penalti Asnawi Mangkualam, Timnas berhasil menahan gempuran Vietnam sepanjang 45 menit babak kedua.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Kemenangan membuat peluang Indonesia melaju ke Babak 16 Besar Piala Asia terbuka. Sebaliknya kekalahan itu membuat Vietnam tersingkir dari turnamen terakbar sepak bola di benua Asia ini.

“Malam yang akan diingat sepanjang hidup. Indonesia, inilah kamu!” tulis AFC di akun resmi X (Twitter) @afcasiancup, seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (20/1/2024).

Pujian juga disampaikan Pelatih Vietnam Philippe Troussier. Philippe Troussier menilai Indonesia tampil bagus hingga membuat timnya tersingkir dari Piala Asia Qatar 2023.

Apapun hasil pertandingan terakhir versus Irak pada 24 Januari tak berpengaruh bagi Vietnam.

Troussier mengatakan faktor utama yang membuat timnya kalah dari Indonesia adalah faktor fisik.

Menurut Troussier, anak asuhnya hanya bisa bermain stabil selama 60 menit.

“Titik lemah pertama adalah aspek fisik. Seperti yang kami tunjukkan di turnamen ini, kami hanya bisa bermain dengan intensitas tinggi selama 60 menit. Jelas kami harus meningkatkan aspek ini karena dalam sistem saya, para pemain harus berlari 9-10 km setiap pertandingan,” ujar Troussier seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi AFC, the-afc.com, Sabtu (20/1/2024).

Tiga poin yang diperoleh membawa Indonesia ke posisi ketiga, menyamakan poin dengan juara empat kali, Jepang.

Indonesia masih punya peluang lolos fase grup asalkan bisa mendapat poin dari laga terakhir melawan Jepang pada 24 Januari mendatang.

Bagi Vietnam, yang tersisa hanyalah kebanggaan ketika mereka menghadapi Irak pada hari Rabu setelah kekalahan melawan Indonesia.

Mereka tidak bisa mengulangi prestasi di Piala Asia edisi sebelumnya di mana saat itu mereka melaju hingga perempat final.

Meski kecewa timnya tersingkir, Troussier yang berasal dari Prancis itu telah mengidentifikasi area penting yang perlu ditingkatkan saat Golden Star Warriors melanjutkan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 dan Piala Asia AFC Arab Saudi 2027.

Kebetulan dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 Vietnam kembali berjumpa dengan Indonesia dan Irak.

“Perasaan pertama saya adalah kekecewaan karena kami kalah dalam pertandingan tersebut. Hasilnya hari ini jelas. Pada saat yang sama, semangat dan cara kami bermain di babak kedua, mungkin kami pantas mendapatkan gol. Kami kebobolan penalti sebelum jeda dan itu membuat kami mendapat masalah. Tapi saya menyukai reaksi para pemain saya. Saya terkejut dengan cara kami bermain dan mencoba,” katanya.

Sementara itu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong bangga dengan perjuangan keras anak asuhnya yang mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0, dalam laga hidup mati Grup D Piala Asia Qatar 2023, Jumat (19/1/2024) malam.

Shin Tae-yong menyebut Indonesia layak menang karena bermain tanpa kenal menyerah.

Kemenangan mengesankan itu juga memutus rekor tak pernah menang Shin Tae-yong setiap berjumpa Vietnam empat tahun terakhir.

“Kedua tim berusaha yang terbaik dan ini pertandingan bagus. Kami menang berkat sedikit keberuntungan,” kata Shin Tae-yong, seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Sabtu (20/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya