SOLOPOS.COM - Bek timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan winger Argentina Alejandro Garnacho, saat FIFA matchday Indonesia vs Argentina di SUGBK, Senin (19/6/2023) malam. (Twitter/@PSSI).

Solopos.com, DOHA — Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, menjadi pahlawan kemenangan atas Vietnam dalam laga kedua Grup D Piala Asia Qatar 2023, Jumat (19/1/2024) malam.

Gol penalti Asnawi membawa Indonesia mendapatkan tiga poin dan membuka peluang Garuda lolos ke Babak 16 Besar.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Indonesia akan tampil habis-habisan pada laga terakhir melawan Jepang pada 24 Januari mendatang untuk mendapatkan poin.

Jika mendapatkan tambahan minimal satu poin, peluang Indonesia lolos fase grup terbuka sebagai peringkat ketiga terbaik.

Berikut profil Asnawi Mangkualam, seperti dikutip Solopos.com dari berbagai sumber, Jumat.

Asnawi lahir di Makassar pada 4 Oktober 1999. Ia berposisi asli sebagai bek kanan, bisa juga bermain sebagai bek sayap dan gelandang bertahan.

Ia mengawali karier sebagai pesepak bola dengan bergabung ke Perseka Bosowa tahun 2016 lalu ke Persib Bandung U-21 di tahun yang sama.

Asnawi lantas bergabung ke Persiba Balikpapan yang menjadi awal karier profesionalnya sebagai pesepak bola.

Di Persiba Balikpapan ia memecahkan rekor pemain termuda yang mencetak gol di kasta teratas sepak bola Indonesia versus Bali United di Stadion I Wayan Dipta pada tahun 2016.

Ketika itu ia berusia 17 tahun 5 hari.

Pada tahun 2017, Asnawi bergabung dengan PSM Makassar, di mana ia melakukan debutnya saat melawan Persela Lamongan pada Piala Presiden 2017.

Pada tahun 2019, dinobatkan sebagai pemain terbaik Kratingdaeng Piala Indonesia sebagai pemain muda terbaik setelah membawa timnya menjuarai turnamen tersebut.

Meskipun umurnya masih muda, Asnawi mampu dengan cepat menjadi salah satu pemain yang paling menjanjikan dan bertalenta.

Ansan Greeners

Pada Januari 2021, Asnawi bergabung dengan Ansan Greeners, tim asal Korea Selatan, yang bermain di kasta ke-2 liga Korea, K League 2.

Asnawi mendapat rekomendasi dari pelatih kepala tim nasional, Shin Tae-yong. Shin Tae-yong mendorong Asnawi untuk keluar dari zona nyamannya di Indonesia dan mengambil kesempatan untuk bermain di liga yang lebih kuat meskipun mendapat gaji yang lebih rendah.

Asnawi lantas meninggalkan Ansan Greeners dan bergabung ke tim sesama K League 2, Jeonnam Dragons.
Karier Timnas Senior

Asnawi melakukan debut internasionalnya untuk tim senior pada 21 Maret 2017, melawan Myanmar, di mana dia bermain sebagai pemain pengganti.

Ia memecahkan rekor pemain termuda 17 tahun dan 167 hari bermain untuk Indonesia.

Pada pertandingan persahabatan melawan Argentina pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Asnawi bermain militan dan sering melakukan tekel bersih.

Salah satu pemain terkenal yang dijegal adalah pemain sayap Argentina Alejandro Garnacho.

Saat ini Asnawi bergabung dengan Timnas Indonesia yang sedang berjuang di Piala Asia Qatar 2023.

Susunan pemain:

Timnas Indonesia (3-4-3):

Ernando Ari (kiper): Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong



Vietnam (3-5-2)

Flip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Vo Min Trong, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Tai Sonh, Pham Xuan Manh; Nguyen Dinh Bac, Do Hung Dung; Pham Tuan Hai

Pelatih: Philippe Troussier

Head to head

Kualifikasi Piala Dunia 2022, 15 Oktober 2019:  Indonesia 1-3 Vietnam

Kualifikasi Piala Dunia 2022, 7 Juni 2021: Vietnam 4-0 Indonesia

Piala AFF, 15 Desember 2021:  Indonesia vs Vietnam

Piala AFF, 6 Januari 2023: Indonesia 0-0 Vietnam

Piala AFF, 9 Januari 2023: Vietnam 2-0 Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya