SOLOPOS.COM - Pemain belakang PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo (belakang, nomor dua dari kanan) mendapat kesempatan menjalani laga internasional keduanya saat Timnas Indonesia beruji coba dengan Libya di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) lalu. (pssi.org)

Solopos.com, DOHA — Laman resmi Federasi Sepak Bola Asia (AFC), the-afc.com, merilis lima pertandingan pembuka Piala Asia 2023 Qatar yang bakal menarik karena diwarnai suasana emosional dan tensi tinggi.

Satu dari lima pertandingan tersebut adalah laga Indonesia vs Vietnam pada 19 Januari 2024 mendatang.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

“Dengan banyak hal yang dipertaruhkan di masing-masing dari 36 pertandingan penyisihan grup yang berlangsung di Qatar antara 12 dan 25 Januari, the-AFC.com memilih lima pertandingan untuk membangkitkan minat Anda,” tulis AFC seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (13/1/2024).

Menurut AFC, turnamen pembuka ini akan memastikan bahwa Piala Asia AFC edisi ke-18 dimulai dengan penuh gaya dan kegembiraan untuk penonton.

Tensi pertandingan akan meningkat karena babak penyisihan grup menghadirkan beberapa pertandingan menarik.

Laga Indonesia melawan Vietnam dipilih karena memiliki tensi tinggi meski kedua tim memiliki selisih peringkat FIFA yang cukup jauh.

Vietnam kini berada di peringkat 94 dunia sedangkan Indonesia tertahan di ranking 146.

“Indonesia dan Vietnam adalah dua tim yang tidak perlu diperkenalkan satu sama lain. Duo ini telah berhadapan di Asia Tenggara selama bertahun-tahun, memberikan kita beberapa pertandingan paling berkesan di Piala AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN). Yang terbaru di semifinal edisi 2022 ketika Vietnam menang agregat 2-0,” tulis AFC.

Namun yang membuat pertandingan pada tanggal 19 Januari mendatang menjadi lebih istimewa adalah karena ini menjadi pertama kalinya dalam 52 tahun dua tim Asia Tenggara bertemu di Piala Asia AFC.

Prestasi Vietnam lebih bagus dari Tim Garuda. Mereka berharap melanjutkan tren positif Piala Asia 2019 yang mampu melaju hingga babak perempatfinal.

“Tetapi mereka harus melakukannya di bawah pelatih kepala baru Philippe Troussier, yang akan memimpin mereka memasuki turnamen besar pertama mereka sejak kepergian Park Hang-seo yang sangat sukses awal tahun lalu,” lanjut AFC.

Sementara itu, Tim Garuda asuhan Shin Tae-yong akan menjadi momentum penting karena mereka kembali ke pentas kontinental untuk kali pertama sejak 2007 ketika mereka menjadi tuan rumah bersama bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Dan dengan persaingan yang ketat antarsuporter, kedua belah pihak hanya mengincar kemenangan saat mereka berhadapan di pertandingan grup kedua mereka.

Selain Vietnam vs Indonesia pada 19 Januari, empat laga lainnya yang menarik menurut AFC adalah Qatar vs Lebanon (12 Januari), Iran vs UEA (23 Januari), Australia vs Uzbekistan (23 Januari) dan Saudi Arabia vs Thailand (25 Januari).

Dalam laga perdana, tuan rumah Qatar yang berstatus juara bertahan Piala Asia menghajar Lebanon 3-0 di Stadion Lusail, Jumat (12/1/2024) malam WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya