SOLOPOS.COM - Peserta DBL 2023. Sebanyak 16 tim akan berkompetisi untuk mendapat empat tempat di babak final DBL Seri DKI Jakarta. (Antara/ho-dbl)

Solopos.com, JAKARTA – Daftar lengkap 16 tim basket untuk putaran final DBL di Indonesia Arena. Mereka terdiri atas juara dan runner up tiap-tiap wilayah.

Sebanyak delapan tim putra dan delapan tim putri akan bersaing untuk bisa bertanding pada babak final kompetisi bola basket pelajar DBL Seri DKI Jakarta yang akan diselenggarakan di stadion eks Piala Dunia FIBA yaitu Indonesia Arena.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Hanya empat tim terbaik, dua tim putra dan dua tim putri, yang berhak tampil pada momen puncak DBL Seri DKI Jakarta di Indonesia Arena pada 17 November 2023 nanti.

Posisi sebagai finalis itulah yang akan diperebutkan oleh 16 tim berstatus terbaik dari wilayah masing-masing (region). Terdiri dari delapan tim putra dan delapan tim putri.

“Selama sepekan ke depan kita akan menyaksikan persaingan yang kompetitif dari tim basket sekolah berstatus terbaik dari masing-masing wilayah se-DKI Jakarta,” kata Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta Lexyndo Hakim, dikutip dari Antara, Rabu (1/11/2023).

Dia menyebut pada musim 2023 ini, DBL Seri DKI Jakarta mencatatkan pertumbuhan dari jumlah peserta dan sekolah yang terlibat. Juga animo penonton yang meningkat drastis.

Lexy menyebut Perbasi DKI Jakarta dan DBL Indonesia memiliki perhatian yang sama pada pembinaan, khususnya di tingkat pelajar. “Karena itu, kami berkolaborasi secara intens untuk terus meningkatkan partisipasi. Agar DBL dapat menjangkau lebih banyak pelajar dan sekolah yang ikut berpartisipasi,” katanya.

Untuk bisa merebut tiket tampil pada Final DBL Seri DKI Jakarta di Indonesia Arena, ke-16 tim harus bersaing pada fase Championship Series terlebih dahulu, yang dilangsungkan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan. Pada tanggal 2 hingga 8 November 2023.

DBL Indonesia selaku penyelenggara memberlakukan sistem kompetisi baru pada fase Championship Series musim ini. Jika pada musim-musim sebelumnya menggunakan sistem setengah kompetisi atau sistem grup, kali ini diberlakukan sistem double elimination. Dengan pembagian bagan kiri (left bracket) dan bagan kanan (right bracket).

Vice Director DBL Indonesia menjelaskan bahwa dengan sistem double elimination ini seluruh tim yang bertanding mempunyai ‘dua nyawa’ atau jatah kalah tak boleh lebih dari dua kali, jika ingin menjaga kesempatan untuk terus melaju ke babak selanjutnya. Jika tim sudah mengalami kekalahan sebanyak dua kali, maka otomatis akan tersingkir.

“Dengan sistem ini, persaingannya akan lebih kompetitif. Jadi, kami memelihara semangat student athlete supaya bisa terus bersaing dan berusaha semaksimal mungkin pada babak Championship Series nanti. Mereka punya kesempatan yang sama di awal pertandingan,” kata dia.

Daftar lengkap 16 tim finalis DBL Jakarta di Indonesia Arena:

Putri
SMAK 1 Penabur Jakarta
SMA Dian Harapan Jakarta
SMA Jubilee
SMA 1 PSKD
SMAN 71 Jakarta
SMAN 21 Jakarta
SMAN 70 Jakarta
SMAN 3 Jakarta

Putra
SMA Bukit Sion
SMA IPEKA Puri
SMA Jubilee
SMA Kolese Kanisius
SMAN 71 Jakarta
SMAN 91 Jakarta
SMA Al-Izhar Pondok Labu
SMAN 47 Jakarta

Itulah tadi daftar lengkap 16 tim peserta atau finalis DBL Jakarta yang akan diselenggarakan di Indonesia Arena pada pertengahan November 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya