SOLOPOS.COM - Ilustrasi tarik tambang. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Olahraga kerap menjadi pilihan utama masyarakat untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, berikut deretan olahraga yang biasanya dilombakan pada peringatan HUT RI dan manfaatnya untuk kesehatan.

Ada cukup banyak cabang olahraga yang kerap dilombakan saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, seperti halnya HUT ke-78 Indonesia tahun ini.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kompetisi olahraga tersebut biasanya dikemas dalam lomba yang disebut lomba agustusan atau lomba 17-an. Sebutan itu merujuk pada tanggal dan bulan peringatan Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus.

Olahraga itu seperti bulu tangkis, voli, sepak bola, pingpong, dan lainnya. Tak sedikit juga yang menggelar lomba panjat pinang dan tarik tambang. Kedua kegiatan itu bisa disebut sebagai olahraga karena menonjolkan aktivitas fisik.

Seperti olahraga pada umumnya, jenis-jenis olahraga yang dilombakan itu tentu memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut deretan olahraga yang kerap dilombakan setiap HUT RI dan manfaatnya untuk kesehatan berdasar informasi dari laman reviewbukalapak.com, daya.id dan lainnya yang dikutip Solopos.com, Kamis (17/8/2023).

1. Panjat Pinang

Panjat pinang merupakan lomba agustusan yang sangat populer. Permainan ini menggunakan sebuah batang pohon pinang  atau alternatif lainnya seperti bambu yang dilumuri pelumas. Para peserta harus memanjat demi meraih hadiah yang sudah digantung di puncaknya.

Permainan ini mustahil bisa diselesaikan jika hanya dilakukan perorangan. Peserta harus bekerja sama agar bisa mencapai puncak untuk mendapatkan hadiah.

Selain kerja sama tim, lomba ini memerlukan kekuatan tubuh yang baik, terutama di bagian tangan dan pundak. Sebab, setiap peserta akan saling menopang kawan satu tim untuk menuju puncak.

Panjat pinang bermanfaat untuk melatih otot tubuh dengan cara yang sangat menyenangkan. Ketika memanjat untuk mendapatkan hadiah yang digantung di puncak, peserta mengaktifkan otot tangan, otot inti, dan otot perut agar dapat menopang teman dan memanjat. Manfaat lainnya dapat melatih kekuatan tubuh agar seimbang.

2. Tarik Tambang

Permainan tarik tambang melibatkan dua regu yang masing-masing regy terdiri atas beberapa peserta, baik lelaki maupun wanita.

Selanjutnya, penyelenggara membaginya menjadi dua regu pada dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat tali tambang.

Masing-masing regu menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas. Ini menandakan semangat persatuan bisa membantu mengalahkan lawan.

Gerakan tarik menarik dalam tarik tambang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot bahu. Tidak sampai di situ, tarik tambang juga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot tangan dan kaki.

Meski bermanfaat untuk melatih kekuatan otot, sebaiknya jangan memaksakan kekuatan otot saat menarik tambang, karena jika tak hati-hati bisa cedera.

3. Bulu tangkis

Bulutangkis sejauh ini menjadi olahraga unggulan bagi Indonesia di kancah internasional. Karena hal tersebut, pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia olahraga ini sering diperlombakan.

Olahraga ini sangat banyak manfaatnya. Dikutip dari rexona.com, bulu tangkis bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, meredakan stres, dan mencegah obesitas.

Selain itu meningkatkan metabolisme tubuh, melatih ketangkasan tubuh dan otak, meningkatkan kinerja paru-paru, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Voli

Olahraga populer ini juga kerap dilombakan pada perayaan HUT RI. Olahraga ini termasuk mudah digelar. Warga bisa dengan mudah membuat lapangan. Tak masalah jika lapangan tak sesuai standar.

Lomba voli juga sering dimodifikasi agar lebih seru, seperti voli menggunakan terpal dengan peserta mengenakan daster dan modifikasi lainnya. Warga tak jarang menggunakan bola plastik.

Dikutip dari laman klikdokter.com, voli efektif membakar kalori, mencapai berat badan ideal, membantu mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kekuatan otot dan tulang.

Selain itu mengoptimalkan metabolisme, menjaga kesehatan paru, melatih koordinasi tubuh, melatih keseimbangan, meningkatkan kemampuan interpersonal, dan mencegah stres.

5. Sepak bola

Olahraga ini sangat populer di kalangan masyarakat. Tak heran olahraga ini kerap menjadi sumber inspirasi untuk lomba agustusan dengan modifikasi tertentu.

Agar lebih meriah dan seru, tak jarang panitia lomba sepak bola mewajibkan peserta memakai daster atau sarung. Ada juga lomba agustusan sepak bola digelar dengan peserta memakai kertas kerucut di muka yang ujungnya berlubang. Lubang kecil itu membuat pandangan peserta terbatas sehingga mereka terlihat lucu saat bermain bola.

Menurut halodoc.com, sepak bola dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan kepadatan tulang.



Selain itu meningkatkan fungsi otak kognitif, baik untuk kesehatan mental, serta meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Demikian deretan olahraga yang kerap diperlombakan setiap HUT RI dan manfaatnya untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya